MUBA19

Belpasi Sembuh, Batu Empedu Rano Karno Diangkat

JAKARTA, KORANKITO.COM – Usia sudah tak muda lagi, kondisi fisik Rano Karno tak seperti dulu. Sempat sakit belpasi atau *Bell’s palsy*, Rano akhirnya dinyatakan sembuh usai jalani terapi dan istirahat total.

“Saya kan dulu belpasi. Itu (gangguan) saraf ke-7, bukan strok. Kalau belpasi *Insya Allah* sembuh,” ujar Rano saat ditemui di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa (14/5).

Berita Sejenis
1 daripada 4.493

Meski Rano sudah sembuh dari serangan belpasi, keluarganya tetap mengingatkan untuk terus menjaga kesehatan. Apalagi, ia juga baru saja menjalani operasi pengangkatan batu empedu.

“Ya bukan diomelin (keluarga), tapi kalau bisa jangan juga terlalu ini (sibuk kerja). Belum lama ini juga saya baru saja operasi, jadi memang belum terlalu fit. Tapi saya enggak mau jadi alasan, cuma konsekuensinya saya makan harus dijaga,” jelas Rano.

Harus menjaga pola makan, Rano menghindari santan. Karena batu empedu harus diangkat, Rano tak punya lagi organ yang berfungsi sebagai pengencer lemak dan pembuang racun tubuh. Supaya hal tak diinginkan tak terjadi, maka Rano harus menjaga asupan makanan.

“Kemarin saya buang batu empedu, jadi saya enggak punya empedu lagi. Makan yang santan-santan sudah harus dihindari, konsekuensinya itu saja. Tapi, Insya Allah masih fit,” ujar Rano.

Pasca operasi, Rano mulai mengatur pola makannya dan menghindari makanan yang tak sehat. Berkat dietnya itu, bobotnya pun sudah turun sampai 8 kilogram.

“Alhamdulillah, saya sudah turun 8 kilo. Memang dasar utama adalah setelah saya dioperasi. Sekarang saya jaga (berat badan) tidak lebih dari 80 (kilogram). Dokter juga menyarankan jangan lebih dari 80, idealnya 75, cuma enggak tahu bisa enggak 75, nih. Dulu pernah 88, bahkan waktu (syuting) Si Doel kedua tuh (beratnya) 89, apalagi syuting di Belanda makan keju melulu,” tandas Rano. O tri