Jelang Tahun Baru 2019, Telur Ayam dan Ayam Potong Melambung Tinggi di Pasar inpres Pendopo

Pasar Inpres Pendopo kecamatan talang ubi kabupaten Pali

PALI, KORANKITO.COM – Menjelang Tahun Baru Masehi 2019, harga beberapa komoditas di pasar inpres Pendopo kecamatan Talang Ubi merangkak naik. Seperti harga ayam potong yang sebelumnya hanya berkisar di harga Rp 28.000,00 per kg, namun sudah lima hari terakhir harga ayam potong di pasar tersebut mencapai harga Rp 38.000,00 per kg.

Kondisi tersebut juga tidak jauh berbeda dengan harga telur ayam. Biasanya ibu rumah tangga hanya membutuhkan uang Rp 20.000,00 untuk mendapatkan satu kilogram telur ayam, namun kini terpaksa harus merogoh kocek lebih dalam karena harga telur ayam mencapai Rp 25.000,00 per kg.

Lela (52) ibu rumah tangga yang berdomisili di kelurahan Talang Ubi Timur kecamatan Talang Ubi mengaku bahwa naiknya harga ayam potong dan telur ayam membuatnya bingung lantaran naiknya dua komoditi tersebut menyebabkan dirinya harus merogoh kantong lebih dalam untuk bisa mendapati kedua komoditi tersebut.

“Apalagi telur ayam, karena saya seorang pedagang kue, jadi telur ayam sangat dibutuhkan. Naiknya harga tersebut, membuat modal saya keluar lebih besar. Sementara, untuk harga jual kue saya tetap sama. Inikan jadi merugikan saya,” ungkapnya.

Sementara, naiknya ayam potong membuat sejumlah warung makan di kecamatan Talang Ubi kabupaten PALI menaikkan harga yang dijajakannya.

 

Berita Sejenis
1 daripada 4.204

“Biasanya kami jual nasi ayam Rp 16 ribu satu porsi, tapi karena harga ayam potong naik, maka terpaksa menaikkan harga jualan kami menjadi Rp 18 ribu per porsi. Kalau tidak seperti itu, maka kami akan merugi,” ungkap Rina salah satu penjual warung makan di Kecamatan Talang Ubi.

Sementara, naiknya harga ayam potong dan telur ayam disebabkan karena mendekati natal dan tahun baru.

“Naiknya dari agennyo pak, oleh kareno  katonyo nak natal samo tahun baru, makonyo naik. Hal itu kareno stok barang dikit, permintaan meningkat,” ujar salahsatu penjual ayam potong yang tidak ingin disebutkan namanya ini. (hab/mbam)

AN