Tuntas! Total 1500 Alsintan Telah Diserahkan, Musirawas Jadi Sasaran Terakhir Program Bantuan

LUBUKLINGGAU, KORANKITO.COM – Program bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) dari anggota DPR RI Fauzi H Amro tuntas disebar di tahun ini. Desa S Kertosari Kecamatan Purwodadi Kabupaten Musi Rawas dan sekitar, menjadi sasaran akhir program bantuan tersebut, Jumat (21/12).

Bantuan berupa traktor, pompa air , hand traktor roda tiga dan roda empat dan combine harvester, diberikan kepada kelompok tani (poktan) dan gabungan kelompok tani (gapoktan) langsung kepada ketua poktan masing-masing.

Fauzi H Amro menyampaikan, total sudah 1500 Alsintan yang didistribusikan dan program Bibit Sapi (UPPO). Tidak hanya di Lubuklinggau, Musi Rawas dan Muratara saja, tapi juga konstituen di Muba, Banyuasin dan Palembang.

Dirinya juga meminta para petani penerima bantuan Alsintan untuk memanfaatkan secara maksimal dan merawat Alsintan sebagai milik publik, dengan membentuk usaha pelayanan jasa Alsintan (UPJA).

“Manfaat utama UPJA adalah meningkatkan kinerja pemanfaatan Alsintan. Caranya, apabila pekerjaan di sawah telah rampung maka Alsintan dipindahkan ke petani atau kelompok tani lainnya, dengan cara meminjamkan atau menyewakan, ” katanya.

Karena, banyak manfaat diperoleh dari pemanfaatan Alsintan seperti menekan biaya produksi hingga 40%, meningkatkan indeks pertanaman (IP), mempersingkat proses produksi, menarik minat generasi muda mencari nafkah sebagai petani, dan meningkatkan pendapatan petani.

“Bisa tanam tiga kali dalam satu tahun. Artinya, peningkatan pendapatan petani bisa tiga kali lipat.” ungkapnya.(dhia/mbam)

AN