Spesialis Bobol Rumah Didor Polisi

foto/ist.

PALEMBANG, KORANKITO. COM – Ahmad Susanto alias Santo (23), spesialis bobol rumah kosong ini harus merasakan timah panas petugas gabungan Unit Pidana Umum (Pidum) dan Tekab  Sat Reskrim Polresta Palembang.

Sebab, Santo memberikan perlawanan dan berusaha kabur ketika ditangkap di seputaran Kecamatan Sako Palembang, Senin (17/12) sekitar pukul 23.00.

Berita Sejenis

Spesialis Bobol Rumah Terjaring Razia

Polisi Ciduk Spesialis Bobol Rumah Kosong

Spesialis Jambret Dibekuk Buser Plaju

1 daripada 4

Berdasarkan data dihimpun, Santo telah beberapa kali terlibat aksi bobol rumah. Diantaranya rumah milik Diki Cakra (33) warga Jalan Jepang, Komplek Zahra, Kecamatan Sako Palembang, Sabtu 16 Juni kemarin.

Dimana Santo bersama dua rekannya masuk ke rumah korban dengan cara merusak jendela kamar. Kawanan pelaku berhasil menggondol satu unit televisi LED yang ditafsirkan kerugian mencapai Rp8 juta.

Kasat Reskrim Polresta Palembang Kompol Yon Edi Winara melalui Kanit Pidum Iptu Tohirin mengatakan, usai menerima laporan korban, pihaknya pun melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan satu pelaku.

“Usai mengamankan satu orang pelaku, kita lakukan pengembangan dan berhasil menangkap S. Pelaku kita ambil tindakan tegas karena mencoba melawan serta kabur ketika ditangkap,” ujar Tohirin ketika dikonfirmasi.

Ia menjelaskan, selain tersangka turut juga diamankan barang bukti berupa satu unit televisi LED yang diduga milik korban. “Masih ada satu pelaku lagi yang buron, namun identitasnya sudah kita kantongi,” tambahnya.

Atas ulahnya itu, tersangka akan dikenakan Pasal 363 KUHP dengan ancaman pidana di atas lima tahun penjara.

Sementara itu, tersangka Santo mengakui perbuatannya. Ia mengatakan, ketika melancarkan aksinya dia bertugas mengawasi situasi rumah korban. Sedangkan dua temannya masuk ke dalam rumah mengambil barang korban.

“Saya hanya mengawasi situasi pak, dua teman saya masuk ke rumah. Saya hanya mendapatkan bagian sebesar Rp50 ribu, uangnya juga sudah habis kami gunakan beli minuman keras dan sabu. Kami pakai sama-sama,” pungkasnya. (Depe)

AN