Selamat! Kejari PALI Peroleh Penghargaan Terbaik Inovasi IT Terbaik Se Sumsel

Kepala Kejari Kabupaten PALI  saat menerima penghargaan dari kejati sumsel sebagai Kejari terbaik inovasi IT se-Sumsel.

PALI, KORANKITO.COM – Meski terbilang baru, Kejaksaan Negeri (Kejari) kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) sudah mampu menunjukkan tajinya terutama di wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) dengan memboyong penghargaan sebagai Kejari terbaik se-Sumsel dalam Inovasi IT (Information Technology).

Dalam programnya yang dinamakan SIMKPALI (sistem informasi Managemen kejaksaan Negeri kabupaten PALI) yang bertujuan untuk memberikan pelayanan publik khususnya untuk informasi yang cepat diserap oleh masyarakat di Bumi Serepat Serasan.

Seperti yang dikatakan Kepala Kejari PALI, Hj Yunitha Arifin SH MH, bahwa program yang dibentuk sejak setahun lalu dan baru benar-benar diterapkan sejak enam bulan terakhir ini sangat membantu masyarakat di wilayah kerjanya, dan membuat pihaknya mendapat penghargaan dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumsel.

“Kejari PALI menerapkan sistem aplikasi manajemen SIMKPALI yang terdiri dari beberapa program, seperti penerapan pada administrasi  berbasis IT pada bidang Datun, Pidum, Intel, Pidsus, dan Barang bukti. Selanjutnya pelayanan satu pintu berbasis IT dengan sistem pelayanan tamu terpadu, dimana setiap tamu yang datang menyerahkan surat maupun dokumen ataupun berkonsultasi hukum atau informasi perkara terlayani dalam satu pintu pelayanan,” jelas Yunitha Senin (17/12/2018)

Bukan hanya pelaporan maupun pemberkasan, lanjut Kepala Kejari PALI, yang menggunakan sistem inovasi IT, barang bukti pun menggunakan keamanan yang berbasis IT. “Penyimpanan daftar barang bukti berbasis IT , menggunakan *scan QR* (barcode) untuk menjaga keamanan barang bukti. Lalu untuk pelayanan hukum berbasis IT, dimana masyarakat dapat secara langsung  berkomunikasi lewat pelayanan hukum yang dapat diakses melalui website kita yakni kejari-pali.go.id,” imbuhnya

Lebih lanjut, Yunitha juga menjelaskan bahwa, website kejari-pali.go.id dapat mengakses informasi satatus barang bukti yang sedang dalam proses persidangan maupun yang sudah diputuskan Pengadilan Negeri (PN). “Website kita juga memberikan informasi status barang bukti yang sedang dalam proses persidangan maupun yang sudah diputus PN, serta untuk pelayanan pendampingan TP4D dapat diakses oleh SKPD melalui website kejari-pali.go.id itu juga.” pungkas Yunitha. (hab/mbam)

AN