Nonton Wayang Semalam Suntuk Bersama Warga, Herman Deru Ajak Hidupkan Kearifan Lokal

MUSIRAWAS, KORANKITO.COM – Di tengah derasnya gempuran budaya luar yang masuk ke  pelosok negeri ini, Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru mengajak warga di bumi Sriwijaya untuk kembali menghidupkan lagi budaya kearifan lokal yang telah banyak dilupakan.

Menurut HD, budaya dan kearifan lokal merupakan bagian dari budaya suatu masyarakat yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari hari masyarakat itu sendiri, biasanya diwariskan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya.

“Tokoh adat dan tokoh agama saya ajak, mari kita hidupkan kembali budaya dan kearifan lokal yang telah banyak ditinggalkan. Seperti halnya pagelaran  wayangan ini merupakan cara yang telah diwariskan nenek moyang yang harus tetap kita pelihara ,” ungkap HD di hadapan ratusan warga desa Temuan Sari Kecamatan Muara Kelingi Kabupaten Musi Rawas yang menyaksikan acara pagelaran wayang semalam suntuk dipusatkan di balai desa setempat, Sabtu (15/12) malam.

Dalam sambutannya HD menegaskan, sekarang ini telah terjadi pergeseran budaya dan etika di tengah masyarakat dengan mengabaikan budaya dan etika   ketimuran yang telah diwariskan nenek moyang bangsa ini di masa lampau.

“Kito jingok be, wong  pesta pernikahan makai pakaian seperti wong belando, bajunya  panjang sampai nyapu tanah. Nah sekarang ayo kita kembali dengan busana  yang ado di adat kito, pakaian adat jaw dengan blangkonnyo, adat wong plembang dengan tanjak atau jumputan. Karena ini akan lebih bernilai untuk generasi yang akan datang,” ucap HD.

Terkait dengan acara syukuran dan silaturahminya di warga desa Temuan Sari Kecamatan Muara Kelingi Kabupaten Musi Rawas, HD menegaskan, dirinya sengaja datang  untuk mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat di Kabupaten Musi Rawas yang telah mempercayakan pada dirinya sehingga terpilih menjadi Gubernur Sumsel pada Pilgub Sumsel  bulan Juni 2018 lalu.

“Kalau dulu saya datang ke sini sebagai calon, nah sekarang  datang sebagai Gubernur, tujuannya tidak lain untuk menjalin silaturahmi sekaligus  ingin mengetahui apa yang dibutuhkan masyarakat disini,” tegasnya.

Pagelaran wayang semalam suntuk  kali ini menampilkan Ki Dalang Sugiarto dengan lakon Semar Bangun Kayangan.  

Di Kesempatan ini  juga HD menyerahkan bantuan berupa benih ikan lele untuk dibudidayakan dengan sistem kolam terpal bioflok.

Untuk diketahui Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru Sabtu (15/12) melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Musi Rawas dengan agenda acara Pembinaan Aparatur Pemerintahan Kabupaten Musi Rawas bersama Gubernur Sumsel  bertempat di rumah dinas bupati Musi Rawas, siang harinya silaturahmi dengan warga desa Lubuk Rumbai Kec. Tuah Negeri Kab. MURA bersilaturahmi Gubernur Sumsel dengan Masyarakat Kec. Tuah Negeri Kab. Musirawas. Dan pada malam harinya HD silaturahmi dan Wayangan bersama Masyarakat Desa Temuan Sari Kec. Muara Kelingi Kab. Musirawas. (hms/mbam)

AN