Alhamdulillah, Hingga Oktober, Penyaluran Zakat ASN Muba Capai Rp600 Juta

SEKAYU, KORANKITO.COM – Kabupaten Muba memiliki potensi zakat, infak, dan sedekah yang cukup besar. Karena mayoritas penduduk Kabupaten Muba adalah beragama Islam dengan kondisi ekonomi yang mayoritas cukup baik.

Terdata, hingga Oktober 2018 berdasarkan data Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Muba mencapai Rp.600 juta bantuan yang disalurkan oleh Baznas Kabupaten Musi Banyuasin tersebut adalah berasal dari zakat dan Infaq sebagian ASN yang ada di Kabupaten Musi Banyuasin.

“Dengan adanya Perda Zakat nantinya tentunya diharapkan akan memberikan nilai tambah bagi Baznas untuk memberikan bantuan secara lebih luas kepada masyarakat yang membutuhkan,” ungkap Kabag Kesra Pemkab Muba, Opi Palupi di sela kegiatan Safari Jumat Wakil Bupati Muba Beni Hernedi di Masjid At-Taqwa di Desa Tanjung Timur Kecamatan Lais, Jumat (14/12/2018).  

Dikatakan, di Kabupaten Muba sendiri telah ada lembaga Baznas Kabupaten Muba yang selama ini telah memberikan sumbangsih positif dalam membantu kesulitan masyarakat Muba
dengan program-programnya antara lain Bantuan Bidang Pendidikan, Bantuan Modal Usaha, Bantuan Bidang kegiatan Dakwah, Bantuan Bidang Kesehatan, Bantuan Bidang Kemanusiaan (bedah rumah, Santunan Fakir Miskin, Anak Yatim dan lainnya).

Sementara itu, Wakil Bupati Muba Beni Hernedi Keinginan Pemerintah Kabupaten
Musi Banyuasin untuk menerbitkan Peraturan Daerah Tentang Pengelolaan
Zakat, Infaq dan Sedekah selain bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan yang ada
di Kabupaten Musi Banyuasin, tentu saja juga demi membantu seluruh umat Islam
yang ada di Kabupaten Musi Banyuasin untuk dapat menunaikan kewajibannya dalam membayar zakat, ataupun menyalurkan keinginan mereka untuk berinfaq dan bersedekah.

“Apalagi Zakat adalah kewajiban yang diperintahkan Allah Subhanahu
Wata’ala kepada kita semua sebagai kaum muslimin dan tercantum dalam Rukun Islam
yang ketiga,” ujar Beni.

Pada kegiatan Safari Jumat Wakil Bupati Muba Beni Hernedi di Masjid At-Taqwa di Desa Tanjung Timur Kecamatan Lais tersebut, Beni juga berjanji akan terus gencar menerapkan Program Muba Mengaji dan Sarjana Bina Desa.

“Ini juga merupakan keinginan pak Bupati Dodi Reza Alex Noerdin, supaya Program Muba Mengaji dan Sarjana Bina Desa menjadi Program yang berkontribusi positif untuk masyarakat di Muba,” pungkasnya. (hms/mbam)

AN