Ratna Sarumpaet Alami Gangguan Jiwa

Atiqah Hasiholan bersama kuasa hukum

KORANKITO.COM – Sebulan lebih mendekam di penjara, psikis Ratna Sarumpaet terganggu.  Untuk mengembalikan jiwa sang bunda supaya normal, Atiqah Hasiholan dan tim kuasa hukum Ratna mengajukan penangguhan penahanan supaya aktivitas wanita itu menjadi tahanan kota.

“Selama setahun ini ibu saya pengobatan psikiater, jadi sekarang tekanan (di penjara) mungkin jauh lebih berasa dan lebih drop. Kita masih upayakan penahanan kota. Berada di tahanan luar pasti secara mental dan fisik mudah buat ibu saya recovery. Sehingga nantinya di pengadilan bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan itu lebih baik,” ungkap Atiqah ditemui di Polda Metro Jaya, jakarta Pusat pada Selasa (6/11).

Berita Sejenis

Atiqah menyatakan psikologis ibunya memang agak terganggu setahun belakangan. Sebelumnya penangguhan penahanan telah diajukan, namun ditolak karena sedang jalani proses penyidikan. Atiqah berharap permintaan pengalihan menjadi tahanan kota yang kedua bisa dikabulkan.

“Kami tidak meminta dalam kapasitas dihilangkan status penahanannya, kami hanya minta agar digeser dari penahanan Rutan jadi penahanan rumah atau kota. Itu saja yang kami mohonkan, melihat kondisi beliau juga yang dalam kondisi masa pengobatan, dan harus setiap hari mengonsumsi obat ya kan. Ini kan tentu sangat berpengaruh ya kan dalam fisik dan jiwanya,” ujar Insang Nasrudin selaku kuasa hukum Ratna ketika dampingi Atiqah.

Lebih lanjut, Atiqah menceritakan kondisi sang bunda terkini. Katanya, Ratna tak mau makan. Fisiknya sangat lemah dan jiwanya benar-benar terpuruk.

“Ya secara fisik, secara psikologis ibu saya benar-benar tertekan, benar-benar down. Saya nggak mau mikirin tekanan dari luar dulu, saya mikirin keadaan ibu sehat baik untuk dirinya sendiri dan hadapi persidangan nanti. Rutin masih minum obat, kemarin juga sempat ada dokter dari kepolisian, untuk melihat kondisi ibu saya. Kita juga waktu itu sempet minta psikiater juga ya datang memeriksa ibu saya,” terang istri aktor Rio Dewanto itu. (O tri/mbam)

AN