Mantap! Gaji Ketua RT dan RW di Palembang Naik 100 Persen

Pjs Walikota Palembang Ahmad Najib. Foto/dok

Palembang – Pemerintah kota (Pemko) Palembang telah menerbitkan surat keputusan untuk menaikan insentif bagi seluruh ketua RT dan RW di Palembang sebesar 100 persen.

Dalam keterangannya, Pjs Walikota Palembang Akhmad Najib mengatakan, sebelumnya gaji para ketua RTdan RW hanya Rp 300.000 per bulan.

Namun, setelah adanya kenaikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) kota Palembang, maka insentif RT dan RW dapat dinaikan menjadi Rp 600.000 per bulan.

“Sekarang kebutuhan hidup masyarakat bertambah. Kalau maunya saya gaji RT/RW itu Rp 2 juta per bulan. Tapi harus sesuai dengan keuangan kita. Jadi harus bersyukur insentif naik Rp 600 ribu. Dari pada dapat gaji Rp 2miliar tapi pakai jaket orange? Sama saja bohong,” kata Najib, Jumat (4/5).

Najib pun menambahkan, dengan adanya kenaikan gaji para ketua RT/RW diharapkan kinerja RT/RW diseluruh wilayah kota Palembang dapat lebih maksimal dalam memberikan pelayanan kepada warga masyarakatnya masing-masing.

“RT/RW ini garda terdepan pelayanan masyarakat, jadi harus bisa mengayomi warga. Jangan lihat insentifnya, tapi amal ibadahnya,” tegas Najib.

Sementara, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Palembang, Hoyin Rizmu mengatakan, kenaikan Insentif Ketua RT dan RW se-Palembang sudah berlaku di terhitung Mei 2018.

Hoyin menjelaskan, saat ini mereka tinggal menunggu pengajuan Surat Permintaan Pembayaran dan Surat Permintaan Membayar (SPP-SPM) dari pihak kecamatan.

“Jika sudah diajukan, akan dikeluarkan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D), karena dana silpa tahun ini sudah dianggarkan. Tapi, sampai sekarang 18 kecamatan di Palembang belum ada yang mengajukan dua syarat itu,” ujar Hoyin.

Hoyin menyebutkan, di Palembang ada sekitar 4.000 Ketua RT dan RW. “Namun setiap bulan harus selalu diajukan jumlah keseluruhan Ketua RT dan RW se-Palembang. Karena setiap bulan, jumlahnya ada saja yang berkurang, baik itu pindah tempat tinggal atau meninggal dunia,” pungkasnya. (korankito.com/mbam)

Berita Sejenis
1 daripada 4.024
AN