Yuki Kato Pilih Jadi Warga Negara Indonesia Ketimbang Jepang. Alasannya Bikin Bangga

Yuki Kato. Foto/dok

Sudah dewasa, saatnya Yuki Kato memilih. Bukan soal pasangan, tapi warga negara. Karena ayahnya asli Jepang, Yuki sempat bimbang. Ia bingung saat harus memilih warga negara. Namun setelah setahun berpikir, Yuki akhirnya memilih menjadi warga negara Indonesia.

“Aku pilih bahasa ibu. Indonesia. Ikut ibu. Sayangilah ibumu pasti rezekimu lancar,” katanya saat ditemui di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Sabtu (21/4).

Yuki yang kini berusia 23 tahun akhirnya mantap memilih menjadi warga negara Indonesia. Namun keputusan menjadi WNI tak datang begitu saja, karena Yuki harus melalui proses panjang.

“Itu proses pemikiran yang panjang banget ya. Aku harus ngomong dulu sama keluarga di Indonesia, keluarga di Jepang. Dengan ibu dan papa juga, semua pokoknya,” jelasnya.

Tentang keputusan Yuki itu, untungnya sang ayah mendukung. Rupanya ayah Yuki memang ada rencana menetap di Indonesia setelah pensiun kerja nanti.

“Ayah nggak masalah ya. Karena saat pensiun nanti papa juga mau tinggal di Indonesia. Karena sekarang belum bisa. Dia masih kerja di sana, kalau dia pindah kewarganegaraan nanti gajinya berkurang setengah, makanya belum bisa,” tandasnya. O tri

AN