Jelang Asian Games Satgas Karhutla Mulai Dipersiapkan

foto/endri.

Ogan Ilir- Menjelang perhelatan Asian Games yang akan dilaksanakan di Palembang. Satgas pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) setiap kecamatan di Kabupaten Ogan Ilir mulai dibentuk.

Hal ini terlihat dalam acara Rapat Kordinasi Pembentukan Satgas Karhutla di Mapolsek Tanjung Raja, Kabupaten Ogan Ilir (OI), Rabu (28/2) siang. Rapat itu, dipimpin langsung Kapolsek Tanjung Raja AKP Arfanol Amri.

Berita Sejenis
1 daripada 6

Kapolsek menyampaikan, kegiatan ini perintah Presiden RI bahwa tahun 2018 menghadapi event Asian Games 2018, Kota Palembang harus benar-benar bebas asap. Oleh karena itu, meminta semua unsur mencegah Karhutla.

“Satgas Karhutla terdiri dari Polri, TNI, Pemerintahan dan masyarakat. Mereka berperan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan,” jelasnya saat menyampaikan dihadapan anggota Satgas Karhutla.

Pihaknya sengaja mengundang salah satu perusahaan seperti PT Roesli Taher. Mereka telah sepakat untuk tidak ada aktivitas pembakaran di wilayang masing-masing.

“Kedepan diharapan saling berkomunikasi memberikan informasi untuk pencegahan terjadinya kebakaran. Kita harapkan juga desa yang berpotensi terjadinya karhutla dapat membuat posko siaga karhutla dan bisa mengajak peran serta masyarakat lainnya peduli karhutla . Selanjutnnya apabila ada kreatifitas masyarakat untuk antisifasi karhutla bisa di sampaikan,”katanya.

Sementara itu Camat Tanjung Raja yang diwakili Staf camat Syaifuddin Zuhri mengatakan  Pemerintah Kecamatan Tanjung Raja sepakat dengan Polsek Tanjung Raja dan  pihak terkait untuk siap mendukung pelaksanaan  antisipasi karhutla.

Berdasarkan informasi PT.Roesli Taher sudah membentuk posko dan personil satgas karhutla yang sudah dilengkapi sarana Water Gun serta 4 unit tangki air, 1 unit Mobil membawa tedmon dengan selang panjang, 3 unit mesin Portable, serta Satgas PT.Roesli Taher serta sarana siap di pakai di luar areal perkebunan apabila di perlukan,”ujarnya.

Pada kesempatan tersebut diadakan penyerahan secara simbolis maklumat bersama Gubenur Sumsel, Kapolda Sumsel dan Pangdam II Sriwijaya tentang larangan karhutla oleh Kapolsek Tanjung Raja kepada Camat,Pihak perusahaan dan masyarakat. Korankito.com/endri/depe.