Curi Sarang Burung Walet, Yani Diciduk Polisi

foto/walu.

Banyuasin- M Yani alias Pendek (35) yang tercatat sebagai warga Dusun IV, Desa Lumpatan II, Kecamatan Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin ini diringkus Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Betung, Banyuasin.

Yani mencuri sarang burung walet sebanyak 3 ons milik Adi Santoso (37) yang berada di Jalan Palembang-Betung, tepatnya Dusun Meranjat, Kelurahan Rimba Asam, Kecamatan Betung, Kabupaten Banyuasin, Senin (19/2) dini hari.

Berita Sejenis
1 daripada 34

Kapolsek Betung AKP Zulfikar mengatakan, penangkapan pelaku bermula dari pihaknya menerima laporan korban yang memergoki aksi Yani bersama kedua temannya berinisial HN (25) dan HR (27) yang masih buron.

“Untuk dua tersangka lainnya yang buron, masih kita lakukan pengejaran. Namun, identitasnya sudah kita kantongi,” ujar Kapolsek saat dimintai konfirmasi wartawan ini, Selasa (20/2) pagi.

Lebih lanjut, Kapolsek mengatakan modus operandi tersangka dengan cara memanjat tembok gedung sarang burung walet menggunakan tali. Kemudian pelaku masuk, dari cela-cela pintu keluar masuk burung walet.

“Hanya saja, ketika berada di dalam aksi tersangka dipergoki oleh korban. Sehingga melaporkan kepada kita, lalu dilakukan penangkapan. Dua temannya saat itu, berhasil meloloskan diri,” cetusnya.

Selain tersangka, sambung Zulfikar, pihaknya juga mengamankan barang bukti berupa tali sepanjang 15 meter, tas ransel, satu karung yang berisikan sarang burung walet sekitar 3 ons, satu topeng dan alat pemanen sarang burung.

“Tersangka ini merupakan spesialis pencurian sarang burung walet, dua kali beraksi di Jambi, satu kali di Muba. Selain pencurian, tersangka terlibat kasus penganiayaan yang dilaporkan Arbidi. Akan kita kembangkan lagi,” pungkasnya. Korankito.com/walu/depe.

AN