Dua Kilo Jalan Waringin Habiskan Dana Rp 2 Milyar

Foto/Dhia

Lubuklinggau – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Lubuklinggau sudah menyiapkan anggaran sedikitnya Rp2 milyar untuk perbaikan akses Jalan Waringin Lintas di Kelurahan Puncak Kemuning, Kecamatan Lubuklinggau Utara II.

Kepala Dinas Pekerjaan PU Lubuklinggau, Nobel Nawawi mengungkapkan, dirinya sudah melakukan pengecekan lokasi langsung ke lokasi akses jalan yang akan diperbaiki tersebut.

Berita Sejenis
1 daripada 22

“Waringin ada alokasi untuk peningkatan senilai Rp2 miliar. Dengan Rp2 miliar ini, mungkin akses jalan yang bisa diperbaiki sepanjang dua kilo,” kata Nobel, Jum’at (2/2).

Selain itu, di 2018 ini pihaknya mencatat terdapat 49 link jalan yang akan ditingkatkan di Lubuklinggau. Total anggaran yang telah disiapkan pihaknya dan telah masuk APBD kurang lebih Rp101 miliar dan saat ini proses lelang sudah berjalan.

“Kita sudah lakukan pemetaan dan lebih dulu survei. Lalu dilihat mana yang didahulukan,” bebernya.

Nobel menerangkan, peningkatan jalan itu ada dua kategori. Yakni sifatnya karena kapasitas layanan sudah layak ditingkatkan semisal di Jalan Kenanga 2 yang tadinya tidak ramai lalu lintasnya dan sekarang sudah merupakan akses utama. Kemudian diakses itu juga dilakukan pelebaran.

Selain itu, contoh lainnya yakni akses jalan ke bandara Silampari. Dilokasi itu, kapasitas layanan ditingkatkan sehingga dibuatkan pelebaran jalan.

Sedangkan kategori peningkatan jalan yang kedua atau yakni kondisi jalan memang sudah layak diperbaiki.

“Jadi hal itu berdasarkan hasil survei yakni kondisi dan dipetakan. Kalau jalan kondisi baik dan sedang, targetnya pemeliharaan, kalau rusak dan rusak berat targetnya peningkatan atau pembangunan baru,” pungkasnya. korankito.com/dhia/die

AN