Dihantui Rasa Bersalah, Juru Mudi Speedboat ‘Awet Muda’ Serahkan Diri

foto/cr3

Palembang- Merasa bersalah. Adi Hartono (27) juru mudi speedboat ‘Awet Muda’ yang tenggelam di perairan Tanjung Serai, Kabupaten Banyuasin, menyerahkan diri kepihak Polairud Polda Sumsel.

Lelaki yang tinggal di Desa Tabala Jaya Primer, Karang Agung Ilir, Kecamatan Sungsang, Kabupaten Banyuasin ini mendatangi Mako Polairud Polda Sumsel bersama kuasa hukumnya, Jum’at (26/1) siang.

Berita Sejenis
1 daripada 2

“Saya dihantui rasa bersalah Pak. Jadi, memutuskan untuk menyerahkan diri. Memang saya yang mengemudikan speedboat itu sebelum tenggelam,” katanya saat ditemui di Mako Polairud Polda Sumsel.

Ia mengatakan, sebelum peristiwa nahas yang menimpa speedboatnya. Saat itu, Adi membawa 55 orang penumpang dari Desa Karang Agung, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menuju Palembang.

“Kami melaju dengan kecepatan 40 Knott Pak. Setiba di tempat kejadian perkara (TKP), speedboat yang saya kemudikan dihantam ombak besar dan langsung terbalik,” ujar Adi memberikan keterangan.

Dirinya sempat ikut tenggelam bersama 55 orang penumpang lainnya. Hanya saja, Adi berhasil menyelamatkan diri dengan berenang ke tepian menggunakan pelampung seadanya.

“Saya diselamatkan oleh orang yang naik ketek. Sempat pulang ke rumah mengganti pakaian dan menumpang speedboat menuju Palembang, tinggal di rumah saudara di daerah Keramasan Kertapati,” tambahnya.

Beberapa hari kemudian, lanjutnya, ia pun pergi ke kawasan Rantau Alai, Kabupaten Ogan Ilir, Sumsel dan bersembunyi di sana. “Merasa salah, saya menghubungi kuasa hukum dan menyerahkan diri,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur Polairud Polda Sumsel Kombes Pol Robinson Siregar didampingi Kasubdit Gakkum AKBP Zahrul Bawadi membenarkan piahkanh telah menerima serahan juri mudi speedboat ‘Awet Muda’.

“Saat ini masih dalam pemeriksaan. Hasil pemeriksaan sementara, pelaku mengaku saat mengemudikan speedboatnya dihantam ombak besar dan terbalik. Ia sempat tenggelam dan berhasil selamat,” tuturnya. Korankito.com/cr3/depe.

AN