Tiga Spesialis Copet di Bus Kota Dibekuk Polisi

foto.cr3.

Palembang- Kawanan spesialis copet yang sering beraksi di dalam angkutan umum bus kota, berhasil diringkus Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek IT I Palembang. Ketiganya adalah Apriyandi Maherta alias Rian, Hairulsyah alias Ujang Ompong dan Andika Saputra.

Berdasarkan data yang dihimpun, ketiga pelaku ini melancarkan aksinya terhadap Agam, anggota polisi yang hendak ke Rumah Sakit Bhayangkara Palembang dengan menumpangi bus kota jurusan Kertapati-Km12, Selasa (9/1) sekitar pukul 13.00.

Berita Sejenis

Pelajar SMP Dicopet dalam Angkot

Terlelap Tidur, Dompet Raib dalam Bus Malam

1 daripada 10

Saat berada di Jalan Jendral Sudirman, Kecamatan IT I Palembang kawanan pelaku mulai melancarkan aksinya dengan peran masing-masing. Rian mengambil ponsel dari saku celana korban, sedangkan dua temannya Ujang serta Andik mengawasi situasi di dalam bus kota.

Namun, rupanya aksi Rian tidak berjalan mulus seperti yang direncanakannya. Ia kepergok oleh Agam, sehingga berhasil ditangkap dan diserahkan ke Mapolsek IT I Palembang. Sementara kedua rekannya melarikan diri dengan turun dari dalam bus kota.

“Setelah kita lakukan pengembangan dari tersangka R, kita berhasil mengamankan dua tersangka lainnya berinisial H dan A di kediaman masing-masing,” ujar Kapolsek IT I Palembang Kompol Edi Rahmat Mulyanan didampingi Kanit Reskrim Ipda Jhoni Palapa saat gelar perkara dan barang bukti.

Ia menjelaskan dari tangan para tersangka pihaknya berhasil mengamankan satu ponsel milik korban dan satu helai jaket yang digunakan pelaku ketika beraksi. “Mereka ini merupakan residivis kambuhan berbagai kasus. Selanjutnya akan kita kembangkan dan akan dikenakan Pasal 363 KUHP,” tuturnya.

Sementara itu, tersangka Rian mengakui perbuatannya. Ia mengatakan, sudah dua kali melancarkan aksi pencopetan di dalam bus kota. “Saya ini kernet bus kota Pak. Sudah dua kali, hasilnya saya jualkan dan uangnya untuk makan serta membeli narkoba,” tutupnya. korankito.com/cr3/depe.

 

AN