Bobol Rumah, Bocah Bawah Umur Diringkus 

foto/cr3.

Palembang- RR alias AM (17), terpaksa berurusan dengan pihak berwajib. Sebabnya, ia terlibat aksi bobol rumah milik Nurjanah warga Jalan Letnan Murod, Lorong Biga, Kelurahan 20 Ilir D-IV, Kecamatan Ilir Timur (IT) I Palembang.

Tersangka diringkus Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek IT I Palembang di kediamannya di Jalan Kasnariansyah, Kelurahan 20 Ilir D-IV, Kecamatan IT I Palembang atau tak jauh dari lokasi kejadian, Senin (15/1) sekitar pukul 15.00.

Berita Sejenis
1 daripada 34

Kepada petugas kepolisian, RR mengakui perbuatannya. Ia mengatakan saat beraksi tidaklah sendirian, melainkan dibantu oleh kedua temannya yakni SN dan CN. “Dua teman saya belum ditangkap polisi,” katanya saat gelar perkara dan barang bukti.

Ia mengaku ketika itu hanya bertugas menunggu di atas motor sembari melihat situasi sekitar. Sedangkan, kedua temannya masuk ke rumah korban dengan cara mencongkel jendela dan mengambil barang-barang berharga milik Nurjanah.

“Saya hanya diajak mereka Pak. Waktu itu dapat dua laptop dan dompet korban. Setelah itu, barang dijualkan oleh teman, saya hanya mendapatkan bagian sebesar Rp150 ribu. Baru sekali inilah mencuri, itupun karena diajak teman,” tuturnya.

Di hari yang sama, Unit Reskrim Polsek IT I Palembang juga mengamankan BH alias BY (15), tersangka kasus penjambret yang telah dua kali melancarkan aksinya di Kota Palembang.

Di hadapan petugas, BH juga mengakui perbuatannya. Ia mengatakan sudah dua kali beraksi, pertama di kawasan Bukit Siguntang dan kedua di Kecamatan IT I Palembang. “Di bukit dapat uang Rp350 ribu. Sudah habis untuk makan,” katanya.

Kapolsek IT I Palembang Kompol Edi Rahmat didampingi Kanit Reskrim Ipda Jhony Palapa mengatakan dari dari dua tersangka ini masih ada lima pelaku lainnya yang masih buron. Untuk itu, pihaknya akan terus mengejar pelaku-pelaku itu.

“Mereka berdua ini ditangkap karena terbukti melakukan aksi kejahatan. Masih ada lima orang yang buron, itu akan terus dikejar. Selanjutnya, akan kita kembangkan diduga masih ada terlibat kejahatan lainnya,” tutur Kapolsek.

Akibat perbuatannya itu, kedua tersangka akan dikenakan Pasal 363 KUHP Tentang Pencurian dengan Pemberatan dengan ancaman kurungan di atas lima tahun. Korankito.com/depe..

AN