Ini Analisa Peta Dukungan Parpol Dalam Pilgub Sumsel 2018, Sajikan Pilihan Putra Terbaik Sumsel

Simulasi pasangan bacagub-cawagub Sumsel dan peta dukungan partai politik

Dinamika politik di Pilgub Sumatera Selatan berlangsung dengan penuh kejutan. Tarik ulur dukungan menjadi hal yang lumrah dengan atau tanpa alasan yang jelas.

Bahkan, elektabilitas dan popularitas tidak menjadi jaminan bagi kandidat bisa didaftarkan sebagai cagub Sumsel. Bagaimana petanya saat ini?

Berita Sejenis

HD Ajak Masyarakat Menjaga Kebersamaan

Dorong Kolaborasi Filantropi di Muba

1 daripada 4.022

Sejauh ini paling tidak sudah ada 4 bakal calon Gubernur yang memiliki peluang cukup besar untuk mendapatkan tiket dukungan di Pilgub Sumsel, mereka adalah Wakil Gubernur Sumsel H Ishak Mekki (Golkar), duet mantan Bupati OKU Timur H.Herman Deru dan mantan Bupati Ogan Ilir H Mawardi Yahya (Nasdem). Selanjutnya Bupati Muba H Dodi Reza Alex (Golkar) yang merupakan putra sulung Gubernur Sumsel H Alex Noerdin, dan terakhir Bupati Lahat H Aswari Riva’i (Gerindra).

Selain pasangan Herman Deru-Mawardi Yahya, tiga bakal calon Gubernur lainnya belum secara resmi mengumumkan siapa kandidat pendamping sebagai wakil Gubernur.

Dari hasil pantauan, untuk kandidat bakal calon wakil Gubernur, ada banyak pilihan nama yang berpotensi untuk dicalonkan berpasangan dengan empat bakal calon Gubernut Sumsel diatas, diantaranya:mantan walikota Palembang Edi Santana Putra, ketua DPRD Sumsel Giri Ramanda N Kiemas, walikota Pangkal pinang Irwansyah, Mantan Kabareskrim Polri Susno Duadji, mantan ketua KPK RI Antasari Azhar, dan masih banyak lagi.

Berikut simulasi empat pasangan peta dukungan yang berhasil dirangkum korankito.com:

Pasangan pertama yang sudah memastikan diri untuk maju berpasangan ialah H. Herman Deru-Mawardi Yahya. Dukungan untuk pasangan yang sudah meng-klaim mengantongi 16 Kursi dari 15 kursi yang disyaratkan KPU untuk maju Pilgub Sumsel.  Rinciannya, Nasdem (6 kursi), PAN (6 kursi), Nasdem (5 kursi) dan Hanura (5 kursi).

Pasangan kedua yang diprediksi akan berpasangan ialah H Ishak Mekki-H.Edi Santana Putra. Pasangan ini akan didukung oleh Partai Demokrat (11 Kursi), PPP (2 kursi) dan PBB (2 kursi).

Sementara pasangan ketiga, juga digadang-gadang akan berpasangan ialah H Dodi Reza Alex-H Giri Ramanda N Kiemas, didukung oleh partai Golkar (10 kursi), PKB (6 Kursi) dan PDIP (13 Kursi) yang jika dijumlahkan mengantongi 29 kursi dan menjadi pasangan yang paling banyak mengantongi kursi dukungan di parlemen.

Terakhir pasangan Aswari Riva’i-Irwansyah, pasangan ini bisa jadi kuda hitam dalam pilgub sumsel 2018 ini, dengan dukungan dari partai Gerindra (10 kursi) dan PKS (5 kursi).

Simulasi empat pasangan diatas akan berubah total jika dukungan partai-partai seperti PDIP, Hanura dan PKS dan PAN berubah dukungannya sehingga mengakibatkan ada pasangan bakal calon yang gagal maju dalam kontestasi pilgub sumsel 2018 dan jumlah pasangan calon Gubernur yang akan bersaing bisa saja menjadi tiga pasangan atau bahkan hanya dua bakal calon saja.(Korankito.com/mbam)

AN