Hilang Dari SFC, Ini Yang Dilakukan Bio Paulin

foto/ist.

Palembang – Setelah menghilang usai berakhirnya Liga Satu Indonesia musim 2017, kabar terkait bek Sriwijaya FC, Bio Paulin akhirnya terkuak. Eks pemain Persipura Jayapura tersebut diketahui saat ini sedang menjalani proses rehabilitasi setelah menderita cedera pada Anterior Cruciate Ligament (ACL).

Hal itu diungkapkan Pelatih Kepala Sriwijaya FC, Rahmad Darmawan. Menurut juru racik berinisial RD ini, Laskar Wong Kito memang masih menunggu bergabungnya Bio Paulin untuk mengisi lini belakang. Hanya saja, Bio Paulin harus membawa persyaratan berupa surat dari dokter yang menyatakan bahwa dia sudah sembuh dari cedera.

Berita Sejenis
1 daripada 188

“Beberapa hari lalu saya sempat menghubungi Bio. Saya tawarkan kalau dia (Bio) mau bergabung bersama SFC, maka harus membawa surat rekomendasi dari dokter. Itu dilakukan agar saya nantinya tidak salah memberi program latihan. Sebab, program latihan pemain yang masih dalam tahap rehabilitas dan yang pasca rehabilitas itu sangat berbeda,” ucapnya, kata RD, Rabu (27/12).

RD menuturkan, dalam komunikasi itu Bio Paulin juga menyatakan sudah mendapatkan rekomendasi untuk kembali merumput dari dokter tempat dia menjalani masa penyembuhan cedera. Namun, hal itu tentu bukanlah menjadi patokan bagi RD. RD sendiri berkeinginan menyaksikan secara langsung bagaimana Bio Paulin bermain di lapangan.

“Dia bilang sudah mulai membaik dan dokter pun sudah memberikan izin kepada dia untuk kembali merumput. Tapi kembali lagi saya katakan, saya ingin surat keterangan itu dan saya juga ingin melihat secara langsung bagaimana kondisi dia di lapangan,” tuturnya.

Meski Bio Paulin disebut-sebut merupakan salah satu pemain yang masuk dalam skemanya di musim depan, namun RD pun tak menampik Bio Paulin bisa saja terdepak jika tahap rehabilitasi yang harus dilakukannya membutuhkan waktu lama.

“Semuanya tergagantung kondisi fisik Bio. Kalau bisa langsung bisa diturunkan akan lebih baik. Akan tetapi jika masih butuh waktu enam sampai tujuh bulan pemulihan, kami tidak bisa menunggu,” tegasanya.

Pasca mengalami cedera ACL dan melakukan operasi musim lalu, Bio Paulin memang belum memberikan kontribusi yang cukup baik untuk klub peraih double winner ini. Kendati begitu, pada musim lalu Bio Paulin sempat beberapa kali dipercaya turun ke lapangan meskipun tidak fulltime.

Untuk diketahui, cedera ACL memang kerap terjadi pada pesepakbola. ACL adalah salah satu dari empat ligamen yang ada di lutut. Ligamen sendiri adalah jaringan ikat di dalam tubuh manusia yang menghubungkan tulang dengan tulang.

Lutut memiliki empat buah ligamen diantaranya Lateral Collateral Ligament (LCL), Media Collateral Ligament (MCL), Posterior Cruciate Ligament (PCL), danAnterior Crusiate Ligament (ACL). LCL dan MCL merupakan dua ligamen yang berada di sisi luar bagian kanan dan kiri lutut. Sementara itu, PCL dan ACL berada di bagian dalam lutut. korankito.com/nisa/die

AN