Ketua DPD Hanura Sumsel Mularis Djahri, Bantah Dukung Herman Deru-Mawardi Yahya

Ketua DPD Partai Hanura Sumsel H Mularis Djahri. Foto/instagram

Palembang-Informasi yang berkembang tentang dukungan Partai Hanura untuk mendukung Balongub Herman Deru-Mawardi Yahya, Ketua DPD Partai Hanura Sumatera Selatan (Sumsel), Mularis Djahri menegaskan hingga kini Partainya tetap mendukung bakal calon Gubernur Sumsel, Dodi Reza Alex pada Pilgub Sumsel 2018 mendatang.

Dia membantah jika Partai Hanura telah mendukung bakal calon Gubernur Sumsel, Herman Deru seperti yang diberitakan baru-baru ini.

“Sampai sekarang saya selaku Ketua DPD Hanura Sumsel belum tahu. DPD Hanura Sumsel masih tetap mencalonkan Dodi Reza Alex untuk pemilihan Gubernur dari Partai Hanura,” tegas Mularis (20/12).

Menurut Mularis, secara politis Golkar mendukung pencalonannya di Pilkada Palembang, dengan begitu sebaliknya juga dilakukan Hanura pada pemilihan Gubernur Sumsel dengan menjatuhkan pilihan mendukung calon Gubernur Sumsel, Dodi Reza yang diusung Partai Golkar.

“Secara politis Golkar kan mendukung saya untuk pencalonan di pilwako Kota Palembang, jadi secara politis saya harus mendukung Dodi Reza di pilgub,” jelas Mularis.

Sampai saat ini, Mularis mengaku belum menerima pemberitahuan dari DPP. Perihal kabar dukungan Hanura untuk Herman Deru. Menurutnya bilamana ada keputusan terkait pilkada di Sumsel, DPP akan memanggil langsung dirinya selaku Ketua DPP Hanura Sumsel.

“Belum sampai ke saya. Belum ada pemberitahuan. Saya belum melihat. Dan biasanya Ketua DPD yang dipanggil. Belum ada sampai sekarang. Ketua Umum belum memanggil saya,” ujarnya.

Dia kembali menegaskan, secara politis Hanura yang mendapat dukungan dari Golkar di pilkada Palembang, sudah sepatutnya Hanura mendukung Golkar di pilgub Sumsel.

“Secara politis Hanura kan didukung oleh Golkar di pilwako Palembang, nggak mungkinlah Hanura nggak mendukung Golkar di pilgub Sumsel. Gitukan?,” tegasnya lagi.

Dia juga mengaku mendengar berita yang menyebutkan Hanura mendukung Herman Deru seperti yang disampaikan Koordinator wilayah Sumsel-Babel DPP Hanura Fauzi Amro. Namun sampai dengan saat ini, kata dia, Hanura tetap mendukung Dodi Reza Alex.

“Iya (mendengar kabar yang beredar), tapikan yang berhak bicara itu Ketua DPD dan Ketua Umum. Yang lain kapasitasnya apa? Korwil itukan secara politis menghubungkan antara DPD dan DPP. Bukan kapasitasnya menentuin itu.

Kalau DPD salah dia harus menyampaikan kepada saya. Kalau saya melanggar baru disampaikan ke DPP. Itu namanya korwil,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Korwil Sumsel Babel DPP Hanura, Fauzi Amro membenarkan Partai Hanura memutuskan mendukung pasangan Herman Deru- Mawardi Yahya di pilgub Sumsel.

Berita Sejenis

Menurutnya ada dua alasan yang membuat Hanura menjatuhkan dukungan pada pasangan Herman Deru-Mawardi Yahya. Pertama berdasarkan hasil lembaga survei yang kredibel di pilkada Sumsel, dan alasan kedua karena komitmen pasangan ini yang siap membesarkan partai Hanura.

“Hanya dua komitmen itu saja sebenarnya,” ungkap Fauzi Amro.(korankito.com/mbam)


AN