Peran Motivasi Orangtua Terhadap Prestasi Anak

 

Dini Saskia mahasiswi UIN Raden Fatah Palembang.

Di dalam diri seorang, siswa suatu terdapat kekuatan mental yang menjadi penggerak mereka untuk belajar. Kekuatan yang berasal dari berbagai sumber, salah satunya ialah peranan orangtua untuk memberi motivasi terhadap anaknya.

Berita Sejenis
1 daripada 4.015

Dalam sebuah motivasi terkandung adanya keinginan yang mengaktifkan, menggerakkan, menyalurkan, dan mengarahkan sikap dan perilaku individu. Pentingnya motivasi orangtua terhadap anaknya adalah untuk membnagkitkan, meningkatkan, dan memelihara semangat siswa untuk belajar sampai berhasil.

Di era modern seperti sekarang ini, kurangnya orangtua memberikan motivasi terhadap anak-anaknya dikarenakan mereka lebih sibuk dengan pekerjaan atau dengan urusan yang lainnya. Padahal motivasi dari orangtua sangat berarti untuk anaknya. Supaya meningkatkan semangat untuk belajar.

Banyak motivasi yang dapat diberikan orangtua kepada anaknya. Salah satunya berupa hadiah bila anaknya mendapat prestasi di kelas, sehingga membuat anak tersebut bahagia dan lebih semangat untuk dapat meraih prestasi yang lainnya.

Jadi motivasi orangtua sangatlah berarti bagi siswa. Jadilah orang tua yang selalu ada dalam perkembangan anak. Motivasi yang dapat membangun siswa untuk belajar. Di balik siswa berprestasi ada orangtua hebat di belakangnya.

Nama : DINI SASKIA

NIM : 1730201165

Kelas : PGMI 05

Editor : Ejak

AN