Tim Satgas Temukan Makanan Berformalin

foto/waluyo.

Banyuasin- Menjelang natal dan tahun baru, Tim Satgas Kabupaten Banyuasin yang terdiri Polres Banyuasin, TNI dan Pemda Banyuasin menggelar inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Tradisional Pangkalan Balai, Kamis (14/12) siang.

Hasil sidak tersebut, tim Satgas menemukan sejumlah bahan makanan yang mengandung seperti tahu dan mie kuning. Selain itu, petugas mendapati sejumlah barang kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan harga.

Berita Sejenis
1 daripada 3

Seperti harga ayam yang semulanya Rp30 ribu perkilo naik menjadi Rp35 ribu, harga garam yang Rp2 ribu naik menjadi Rp3 ribu perkantongnya. Sedangkan untuk daging sapi tetap tidak mengalami kenaikan, berkisaran di harga Rp120 ribu.

Kapolres Banyuasin AKBP Yudhi Surya Markus Pinem mengatakan, setelah menemukan makanan yang mengandung bahan formalin. Pihaknya langsung melakukan pendataan terhadap pedagang makanan tersebut.

“Kita amankan 15 kilogram mie kuning dan tahu sekitar 40 kilogram. Kedua bahan makanan tersebut diduga mengandung bahan pengawet. Saat ini sudah diamankan di Mapolres Banyuasin,” jelasnya saat dikonfirmasi.

Kapolres mengungkapkan akan berkordinasi dengan pihak terkait membuat edaran kepada pedagang untuk tidak menjual bahan makanan yang mengandung bahan pengawet. “Kita juga akan berkordinasi dengan Polda Sumsel,” tuturnya.

Ia mengatakan, tujuan utama sidak yang dilakukannya itu untuk memantau ketersedian bahan pangan menjelang natal dan tahun baru. “Kita juga memantau harga-harga sembako menghadapi natal dan tahun baru ini,” katanya. Korankito.com/waluyo/depe.

 

AN