SMAN Sumsel Konsisten Dalam Pengabdian Masyarakat


Salah satu guru SMAN Sumatera Selatan sedang mengunjungi salah satu booth pameran. foto/ist

 

Palembang – Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Sumatera Selatan (Sumsel) tetap konsisten dengan program-program yang diunggulkannya, salah satunya yakni kembali mengadakan Community Service Exhibition 2017 (Pameran Pengabdian Masyarakat).

Kegiatan Community Service 2017 telah diadakan selama dua bulan sejak 8 Oktober 2017 hingga 26 November 2017. Siswa yang melaksanakan kegiatan ini adalah siswa kelas XI SMAN Sumsel yang dibagi menjadi 10 kelompok, dimana masing-masing kelompok terdiri dari 10 siswa.

Berita Sejenis
1 daripada 4.020

Dalam kurun waktu dua bulan ini masing-masing kelompok tersebut juga didampingi oleh seorang guru pendamping, kemudian mereka harus memenuhi kuota pertemuan sebanyak enam kali. Dimana kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di lingkungan sekitar SMAN Sumsel.

Sebagai puncak kegiatan, masing-masing kelompok mendirikan booth yang dilengkapi dengan permainan menarik untuk memikat para pengunjung. Pasalnya, Community Service Exhibition 2017 ini merupakan penilaian akhir bagi ke-10 kelompok Community Service yang telah melaksanankan programnya.

Terdapat tiga kategori yang dinilai, yaitu: booth, presentasi, dan video report kelompok. Masing-masing kelompok harus memaparkan program yang telah dilaksanakan kepada para juri yang telah ditunjuk melalui presentasi dan penayangan video.

“Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Jadi teruslah berbagi ilmu yang telah didapatkan di SMAN Sumatera Selatan, agar ilmu yang kalian miliki semakin bertambah dan menjadi amal jariyah,” pesan Deputy to Principal SMAN Sumsel Nanang Adi Prayitno kepada para siswa.

Pembukaan ini juga dihadiri oleh para ketua Rukun Tetangga (RT) dimana para siswa melakukan kegiatan Community Service. Salah satu ketua RT diberi kesempatan untuk memberikan kata sambutan, adalah Ketua RT 25 Kelurahan 15 Ulu Maryamah.

“Kami sangat senang menerima para siswa SMAN Sumatera Selatan untuk melaksanakan kegiatan di tempat kami. Semoga kegiatan ini akan terus berlanjut kedepannya, karena sangat bermanfaat bagi warga kami,” paparnya saat memberikan kata sambutan.

Kegiatan pameran berlangsung dengan sangat meriah, ditutup dengan pengumuman kelompok terbaik yang dimenangkan oleh Kelompok 3. Program yang dilaksanakan oleh kelompok tersebut adalah mengajar Bahasa Inggris, prakarya, bakti sosial, penanaman pohon, dan bermain sambil belajar bagi anak-anak yang ada di RT.48 Kelurahan 5 Ulu. (ril/ejak)

 

AN