Pentingnya Peran Orangtua Dalam Mendidik Anak

korankito/ist.

Anak adalah anugerah yang Allah SWT berikan, yang merupakan fitrah suci untuk kedua orangtuanya. Oleh karena itu orangtua harus perhatian dengan pendidikan anak tersebut sebab mereka adalah sekolah pertama bagi anaknya. Di zaman sekarang ini banyak anak-anak yang melenceng dari akhlak yang diajarkan agama misalnya, melawan orangtua, tidak sopan dengan orangtua dan bahkan sampai terjun ke pergaulan bebas.

Dari masalah diatas bisa dikatakan bahwa ada dua faktor yang menyebabkan anak memiliki akhlak yang bertentang jauh dengan akhlak ajaran agama yaitu, faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal sendiri itu berasal dari orangtua, kenapa orangtua.

Berita Sejenis
1 daripada 4.028

Sebab orangtua adalah sekolah pertama bagi anaknya. Awal semua yang anak ketahui itu berasal dari orangtua. Apabila orang tua memberikan pendidikan dengan baik maka ke depannya anak tersebut akan menjadi baik.

Dan begitu pula sebaliknya, apabila orangtua kurang perhatian dengan anaknya, jarang memiliki waktu dengan anaknya itu dapat menyebabkan anak tersebut berperilaku jauh dari apa yang diajarkan agama Islam.

Kurangnya perhatian itu akan menimbulkan rasa sedih bagi anak, rasanya kesepian, sehingga untuk meluapkan rasa itu sang anak jadi bebas untuk melakukan apa saja yang ia inginkan. Karena orangtua nya kurang memberikan perhatian terhadap anaknya.

Kemudian faktor kedua yaitu faktor eksternal, faktor ini bisa berkaitan dengan lingkungan sekitarnya. Jika dirumah si anak dibina dengan baik oleh kedua orangtuanya lalu di lingkungan bermainnya tidak baik bisa jadi anak tersebut dapat terpengaruh mengikuti pergaulannya di lingkungan.

Untuk mengatasi hal tersebut perlu lah kedua orangtua untuk memberikan pendidikan agama Islam sesuai dengan kaidah yang benar. Seperti menerapkannya di rumah secara langsung, apalagi untuk anak usia dini sangat rentan terpengaruh dengan faktor-faktor yang menyebabkan rusaknya akhlak.

Sebagai orangtua yang cerdas haruslah memiliki strategi khusus untuk mendidik akhlak anaknya sesuai dengan akidah agama Islam. Contoh kecilnya, mengajari dan melatih anaknya untuk melaksanakan shalat lima waktu, mengajari anaknya untuk berlaku sopan kepada orang yang lebih tua dan menyayangi orang yang lebih muda darinya.

Jadi, pembentukan karakter anak yang sesuai dengan agama Islam itu lebih utama pendidikan dari orangtuanya, apabila orang ua nya mengajari dan melatih anaknya dengan baik maka anak akan memiliki akhlak yang baik pun juga lingkungan tempat tinggal dan bermain anak haruslah lingkungan yang baik agar apa yang telah di ajarkan orang tuanya dirumah dapat ia terapkan dilingkungnya dan dapat menjadi anak yang beakhlak baik sesuai agama Islam. Penulis Ayu Febriana/Mahasiswi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

AN