Dampak Media Sosial Terhadap Kepribadian Anak

Korankito/ist.

Di zaman yang serba modern ini media sosial atau internet sangatlah berpengaruh bagi berlangsungnya kehidupan seseorang, dengan media sosial ini bisa mendapatkan informasi terbaru atau pengetahuan dengan mudah.

Jangankan orang dewasa, anak-anak SD sekalipun sudah mulai mengerti dan bisa menggunakan media sosial tanpa harus belajar terlebih dahulu, hanya dengan meniru mereka sudah bisa mengerti dengan sendirinya.

Maraknya media sosial seperti facebook, Instagram dll, membuat anak terlalu cepat mengetahui apa-apa yang seharusnya belum pantas untuk mereka ketahui dan itu sangat berpengaruh bagi kepribadian mereka dimasa sekarang dan yang akan datang.

Ada dampak negatif dan positif media sosial terhadap anak diantaranya, dampak negatif terhadap kepribadian anak contohnya yaitu membuat mereka malas untuk membaca buku dengan alasan bisa mencari jawaban diinternet dan juga mereka bisa mengakses konten dewasa dengan sangat mudah yang sebenarnya belum bisa dikonsumsi seusianya. Sehingga hal tersebut sangat memberi efek negatif bagi anak.

Adapun dampak positif media sosial terhadap kepribadian anak contohnya yaitu menjadi media bagi anak untuk mencari pengetahuan tentang teknologi, sehingga anak bisa lebih peka terhadap kemajuan teknologi dan menjadi dorongan untuk semangat belajar lebih dalam seputar teknologi.

Gadget juga sering kali membuat anak kecanduan untuk terus menerus bermain internet dan bermain game online. Hal ini dapat menimbulkan kemalasan belajar anak, membuat mereka tidak terlalu mementingkan pendidikan. Mereka tidak memikirkan prestasi dan juga dapat membuat mereka malas untuk berinteraksi dengan orang lain karena terlalu sibuk memainkan gadget. Bahkan menumbuhkan sikap yang kurang perduli dengan lingkungan sekitar atau orang lain.

Dalam hal ini orangtua sangat berperan penting, sebab peran orangtua terhadap perkembangan pribadi dan perilaku anak bukan hanya sebagai pembimbing dan pendidik, melainkan juga sebagai contoh atau teladan bagi anak. Memperhatikan perkembangan atau kebiasaan kecil anak merupakan salah satu cara untuk menghindarkan anak dari perkembangan  pribadi yang tidak baik.

Orangtua yang cerdas harus pandai dalam mengatur waktu anak, saat belajar anak tidak diperbolehkan memainkan gadge, waktu tidur yang teratur akan membuat istirahat anak cukup, waktu makan, dan waktu bermain yang dibatasi orangtua membuat anak tidak terlalu kecanduan pada gadge. sehingga tumbuhlah pribadi yang baik pada diri anak. Penulis : Indah Agustina/Mahasiswa Universitas Negeri Raden Fatah Palembang.

AN