Progres RS Gandus Sudah 60 Persen

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang Letizia. Foto/rika

Palembang – Sebagai upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dalam memberikan pelayanan kesehatan yang merata bagi masyarakat Kota Palembang, selain ditingkatkannya pelayanan 24 jam di Puskesmas yang ada saat ini, Pemkot juga tengah melaksanakan progres pembangunan Rumah Sakit (RS) Pratama Gandus, yang mana pengerjaan fisiknya sudah mencapai 60 persen.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang, Letizia menerangkan, pembangunan yang ditargetkan 2018 selesai ini dikebut lantaran sejauh ini wilayah tersebut sulit menjangkau fasilitas kesehatan lain di pusat kota karena jauhnya akses masyarakat di daerah tersebut sehingga diperlukannya rumah sakit untuk rawat inap.

Berita Sejenis

Dinkes Buka Posko Kesehatan Gratis

“Meskipun wilayah Gandus telah memiliki puskesmas yang melayani 24 jam, tetapi pelayanan rumah sakit pun dibutuhkan di kawasan ini. rumah sakit ini dibangun di atas lahan seluas 4.000 meter persegi yang sekarang pengerjaannya sudah 60 persen. Optimis selesai tepat waktu, karena RS Pratama ini tidak sebesar rumah sakit umum seperti yang sudah ada,” katanya, usai peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) di Kambang Iwak, Senin (20/11).

Diketahui, rumah sakit yang ditargetkan secepatnya bisa digunakan tersebut, langsung dibangun setelah menyelesaikan Detail Engineering Desain (DED) selesai beberapa waktu lalu. Pembangunan RS Pratama Palembang ini tepat dibangun di belakang Puskesmas Gandus lama. Diterangkan Letizia RS Pratama Gandus ini akan menyediakan 50 kamar rawat inap.

“Sedangkan, untuk tenaga medis akan dilihat dari tingkat kebutuhan rumah sakit. Pelayanan yang disediakan merupakan pelayanan dasar yang ada di rumah sakit pada umumnya. Akan disediakan seperti layanan poli gigi, poli umum, poli anak, UGD. Nah, karena masih baru, rencananya akan disediakan dokter spesialis untuk memenuhi kebutuhan di RS Pratama tersebut. Yang penting lengkap dulu. Ada spesialis anak, spesialis penyakit dalam, spesialis bedah dan spesialis kebidanan dan kandungan,” tuturnya.

Disamping itu, ia menambahkan, karena banyaknya warga yang membutuhkan fasilitas kesehatan selain puskesmas yakni seperti rumah sakit. Ditargetkan rumah sakit pada pembangunan tahap awal ini selesai akhir 2017, setelah penganggaran penyediaan alat di 2018 selesai, kemungkinan di 2018 rumah sakit ini dipastikan sudah operasional.

“Pesatnya pertumbuhan Kota Palembang menyebabkan banyaknya terjadi pemekaran wilayah. Termasuk di Gandus, sudah banyak tumbuh perumahan baru. Masyarakat kecamatan Gandus khususnya tak perlu khawatir karena nanti akan dibangun RS Pratama yang mampu melayani fasilitas kesehatan masyarakat Gandus lebih baik lagi,” tukasnya. Korankito.com/rika/ria

AN