SMAN 10 Palembang Jawab Tantangan Kadisdik Sumsel 

Kepala SMAN 10 Palembang Fir Azwar dan Kasi Kesiswaan SMA Disdik Sumsel Meilani Rosani saat pemukulan gong pembukaan ajang Gemar Aksi Palang Merah Remaja (Gempar) SMAN 10 Palembang 2017. Foto/ejak
Palembang – Sempat vakum selama enam tahun, kini Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 10 Palembang aktifkan kembali Palang Merah Remajanya (PMR). Hal ini juga menjadi salah satu bukti jawaban dari tantangan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sumsel Widodo untuk kembali menghidupkan brand atau kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) yang telah mengaharumkan nama SMAN 10 Palembang selama ini.
Berita Sejenis

Ratusan Peserta Ikuti Tri Lomba Pramuka

Polsri Gelar EDS Kedelapan

1 daripada 18
Kepala SMAN 10 Palembang, Fir Azwar mengatakan, ada puluhan SMA di Sumsel yang bersaing jadi PMR Wira (tingkatan PMR untuk jenjang SMA, red) terbaik pada ajang Gemar Aksi Palang Merah Remaja (Gempar) SMAN 10 Palembang 2017. Gempar merupakan salah satu program tahunan dan program unggulan yang dimiliki SMAN 10 Palembang.
“Bidang PMR pernah menjadi ikon bagi SMAN 10 Palembang melalui berbagai ajang dan kegiatan yang dilakukan mendapatkan juara salah satunya melalui kegiatan Gempar. Akan tetapi sejak enam tahun belakangan, kegiatan Gempar tidak dilakukan lagi. Dengan diaktifkannya kegiatan seperti ini diharapkan PMR kembali menjadi ikon bagi SMAN 10 Palembang dan ini juga bentuk jawaban kami dari tantangan Kadisdik Sumsel,” katanya disela acara, Jum’at (17/11).
Sementara itu, Kadisdik Sumsel melalui Kasi Kesiswaan SMA Disdik Sumsel Meilani Rosani menuturkan, sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan (Permendikbud) nomor 62/2014 dimana sekolah diperbolehkan menentukan ekskul yang diunggulkan sementara yang diwajibkan ditiap sekolah yakni Pramuka. “Dengan lomba PMR ini bisa menjalin silahturahmi antarsiswa dan sekolah. Tentunya ini akan baik kalau bisa dilangsungkan dengan skala yang lebih besar lagi,” harapnya.
Diketahui, dalam kegiatan Gempar SMAN 10 Palembang ini, beberapa rangkaian kegiatan lomba akan diikuti oleh setiap perwakilan dari setiap sekolah masing-masing seperti Travelling ke PMI, lomba pertolongan pertama, Cerdas Cermat Kepalangmerahan (CCK), donor darah, Mading, lukis, bujang gadis, ketangkasan tandu, wahana kepalangmerahan dan olahraga persahabatan. (ejak)
AN