Balai Kota Bakal Dijadikan Gedung Command Center

Kasi Pengembangan Aplikasi dan Integrasi Sistem Informasi Diskominfo Kota Palembang, Sherly Nasution. Foto/rika

Palembang – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang terus berupaya dalam mewujudkan progres Palembang menuju Smart City, salah satunya menyiapkan gedung untuk gedung Command Center (pusat pengendalian). Kepala Dinas Kominfo Kota Palembang melalui Kasi Pengembangan Aplikasi dan Integrasi Sistem Informasi, Sherly Nasution mengungkapkan, pihaknya telah menetapkan jika gedung Command Center akan bertempat di lantai III Balai Kota Setda Palembang.

“Saat ini untuk gedungnya itu akan bertempat di Lantai III Balai Kota Setda Palembang, jika sesuai rencana nantinya pada Desember bakal diresmikan segera oleh bapak Walikota Palembang,” ungkapnya, saat di wawancarai,” Kamis (16/11).

Berita Sejenis
1 daripada 31

Ia menuturkan, dalam progres menuju Palembang Smart City ini sendiri, Kominfo kini tengah fokus dalam Command Center dan data center melalui tiga workshop, dimana dua workshop sudah dilakukan dan saat ini tengah menjalankan workshop ketiga.

“Yang mana di workshop pertama itu membahas tentang keamanan jaringan, yang kedua tentang pelayanan prima dan yang ketiga ini tentang pengelolaan data center (hari ini). Pokoknya kita harus memastikan dalam penerapnnya nanti hal ini bisa benar-benar berjalan dengan baik,” katanya.

Dalam Smart City, lanjutnya, Command Center ini nanti akan mengintegrasikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) satu dengan yang lainnya, salah satu wujud implementasinya dengan adanya gedung Command Center.

“Setiap OPD akan terintegrasi dalam satu Command Center berarti cakupannya besar, misalnya untuk OPD BPKAD dan DPM-PTSP, intinya memudahkan kita mendapatkan data,” imbuhnya.

Sementara itu,  Sekretaris Dinas Kominfo, Aris Munandar menambahkan,  untuk Sumber Daya Manusia (SDM) nya sendiri, pihaknya telah menyiapkan  12 SDM untuk operator yang mencakup seluruh OPD yang berhubungan dengan pelayanan masyarakat.

“Persiapanan sudah dari awal tahun dari Kominfo. Sebelumnya belum ada. 

Peserta saat inu untuk workshop 56 OPD, dimana dalam lima hari tiga worshop dilaksanakan,” katanya. Korankito.com/rika/ria

AN