PPDB Online, Nasrul : Tunggu Pergub

Kepala SMAN 1 Palembang Nasrul Bani. foto/ejak

 

Palembang – KORKIT

Adanya wacana Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumatera Selatan (Sumsel) Widodo untuk mengkoneksikan hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dengan penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2018 tinggal menunggu revisi Peraturan Gubernur (Pergub) Sumsel.

 

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sumsel jenjang sekolah menengah atas (SMA) Nasrul Bani menerangkan, perihal PPDB melalui website sekolah atau sistem online sudah diterapkan sejak tahun lalu.

 

Namun, untuk dikoneksikan dengan hasil UNBK nantinya, diakuinya, pihaknya baru mendengar desas-desusnya saja, belum ada arahan khusus terkait kebijaka tersebut. Akan tetapi, secara garis besar pihaknya mendukung wacana tersebut karena mereka menilai hal itu juga sejalan dengan sistem zonasi yang akan diterapkan kementerian nantinya.

 

“Bisa saja PPDB secara online dan dikoneksikan dengan hasil UNBK, tapi tergantung juknisnya, sebab dari kementerian baru sistem zonasi saja,” katan pria yang juga menjabat sebagai Kepala SMAN 1 Palembang, Rabu (15/11).

 

Selain itu, ia menambahkan, nantinya juga pihaknya bakal mengusulkan PPDB dengan sistem peringkat nilai ujian nasional yang berbasis komputer atau juga menggunakan persentase. “Hal ini untuk meningkatkan integritas dan obyektivitas PPDB. Dan kita masih menunggu Pergub-nya,” tambahnya.

 

Sementara itu, Kepala Disdik Sumsel Widodo menerangkan, dengan adanya PPDB online yang terkoneksi dengan hasil UNBK ini akan menjadikan pemerataan serapan siswa baru sesuai dengan sistem pendidikan zonasi yang diterapkan oleh kemeterian. “Hal ini akan menghilangkan penumpukkan siswa di sekolah tertentu,” pungkasnya. (ejak)