Uji Coba One Way Gagal

Salah satu rekayasa Jalan One Way di simpang lima DPRD Sumsel. KORANKITO/IST.

Palembang – Uji coba jalur One Way yang telah diterapkan sejak satu minggu terakhir dengan tujuan meminimalisir kemacetan yang terjadi di beberapa titik Kota Palembang ternyata gagal. Sesuai rencana uji coba ini akan dilakukan hingga 14 November ini, namun uji coba ini malah menyebabkan titik kemacetan baru, lantaran banyak pengendara yang diharuskan memutar arah dan menumpuk di jalur alternatif seperti di kawasan bukit, depan IP dan Jalan Radial.

“Jadi kita simpulkan One Way yang telah diuji cobakan satu minggu ini belum berhasil. Nanti akan kita evaluasi lagi, tadi sudah mulai kita kembalikan asal jalurnya untuk di Jalan Radial, sedangkan untuk kawasan Jalan Angkatan 45 dan Jalan Pom X itu besok baru kita kembalikan,” jelas Kepala Dishub Palembang, Melalui Kabid Wasdalop Dishub Palembang, Martha Edison saat dihubungi, Selasa (14/11).

Meski demikian, menurut Martha, pihaknya tetap akan memikirkan cara agar keadaan lalu lintas di beberapa kawasan ini bisa terurai. “Kemungkinan kedepan kita juga telah merencanakan uji coba lagi dengan memutar arah jalur oneway nya. Misal kalau selama ini jalurnya dari arah simpang kampus ke radial, nah selanjutnya mungkin dari arah PIM ke arah radial arusnya,” tuturnya.

Martha memastikan, dalam penataan atau evaluasi yang akan dilakukan nanti, oneway tidak akan diberlakukan untuk Jalan Angkatan 45. Ini lantaran jalur tersebut sangat tidak memungkinkan untuk kembali dilakukan oneway.

“Untuk Angkatan 45 itu tidak akan kita berlakukan lagi. Sebab memang tidak memungkinkan. Sedangkan untuk penerapan rencana baru yang membalikkan jalur tadi akan kita bahas dulu dalam rapat bersama instansi terkait,” tukasnya. Korankito.com/rika/ria