Cari Modal Pacaran, Rian Jadi Jambret

Kedua tersangka saat meringkuk di Mapolsek Ilir Timur (IT) I Palembang. Foto/depe

Palembang- Berdalih tidak mempunyai uang untuk berkencan dengan pacarnya. Rian (19) warga Rumah Susun (Rusun) Blok 26, Kelurahan 24 Ilir, Kecamatan Bukit Kecil, Palembang ini nekat melancarkan aksi jambret.

Akibat ulahnya, Rian bersama Yoga (18) harus meringkuk di sel tahanan Mapolsek Ilir Timur (IT) I Palembang setelah diserahkan warga ke pihak berwajib untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

“Saya butuh uang untuk pacaran Pak. Saya dapatkan tasnya, yang berisikan uang sebanyak Rp300 ribu dan powerbank,” ungkap Rian sambil menangis saat gelar perkara dan barang bukti di Mapolsek IT I Palembang, Selasa (14/11) siang.

Berdasarkan data yang dihimpun. Sebelum, melancarkan aksinya Rian bersama temannya Yoga pergi ke kawasan Pakjo, Kecamatan IB I Palembang untuk menemui pacarnya dengan mengendarai sepeda motor.

Usai dari sana, keduanya pun pergi ke kawasan Pasar 16 Ilir, Kecamatan IT I Palembang untuk mencari mangsa. Barulah saat melintas di Jalan Mayor Ruslan, tepatnya depan Percetakan Rambang keduanya langsung melancarkan aksinya.

Alih-alih ingin mendapatkan uang, keduanya justru hanya mendapatkan minyak wangi. Gagal di aksi yang pertama, membuat para tersangka kembali beraksi di Jalan Jenderal Sudirman, Km3, Kecamatan IT I Palembang.

Keduanya, langsung memepet sepeda motor korban Ian (19) dan menabraknya hingga terjatuh. Namun sial, saat hendak membawa kabur tas korban, para tersangka malah terjatuh dari motor.

Sementara itu, Kapolsek IT I Palembang Edi Rahmat Mulyana melalui Kanit Reskrim Ipda Jhony Palapa membenarkan pihaknya telah mengamankan tersangka. Ia mengatakan, tersangka melancarkan aksinya sehari dua kali.

“Dari tangannya kita amankan, barang bukti berupa tas, dompet, ponsel, minyak wangi, uang Rp300 ribu dan powerbank. Keduanya akan dikenakan Pasal 365 KUHP, karena saat beraksi melakukan kekerasan dengan menabrak korbannya,” kata Jhony.

Disisi lain, tersangka Yoga mengatakan dirinya tidak mengetahui kalau Rian akan menjambret. Sebabnya, ia diajak olehnya untuk pergi ke rumah pacarnya dan Pasar 16 Ilir. “Yang bawa motor Rian Pak. Saya hanya duduk di belakang,” pungkasnya. Korankito.com/depe