Breaking News! Terbukti Bersalah, Buni Yani Divonis Satu Tahun Enam Bulan

Suasana Sidang vonis perkara penyebaran ujaran kebencian benuansa suku, agama, ras dan antargolongan oleh hakim Pengadilan Negeri Bandung, Jawa Barat, Selasa (14/11). Foto/net

Bandung — Akhirnya Buni Yani divonis satu tahun enam bulan penjara dalam perkara penyebaran ujaran kebencian benuansa suku, agama, ras dan antargolongan oleh hakim Pengadilan Negeri Bandung, Jawa Barat.

“Terdakwa terbukti bersalah dan divonis hukuman satu tahun enam bulan penjara,” ujat Ketua Majelis Hakim M Sapto, Selasa (14/11). Ia terbukti melanggar pasal Undang-undang Informasi dan Transaksi Elekronik.

Buni Yani dinilai menyebarkan ujaran kebencian dengan menyebarkan informasi yang menimbulkan kebencian terhadap masyarakat bernunasas SARA melalui postingannya di Facebook. Ia mengunggah video Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan menghilangkan kata ‘pakai’ dalam transkrip yang dibuatnya.

Vonis yang dibacakan oleh majelis hakim yang dipimpin oleh Hakim M Sapto ini lebih rendah dari tuntutan jaksa yang menuntut untuk  menghukum Buni Yani dengan penjara dua tahun dan Rp100 juta subsider 3 bulan kurungan.

Menanggapi putusan itu, Buni Yani melawan putusan hakim yang menjatuhinya hukuman 1 tahun enam bulan penjara. Buni Yani dan tim pengacara mengajukan banding.

“Kita akan banding,” ujar pengacara Buni Yani, Aldwin Rahadian di ruang sidang gedung arsip Jalan Perpustakaan, Bandung, Jawa Barat.(korankito.com/mbam)