Pemkot Segera Bangun Intake dan IPA 2 di Gandus

Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda dan Direktur PDAM Tirta Musi Palembang Cik Mit saat melihat progres pembangunan Intake dan IPA Ogan di Jakabaring. Foto/ist
Palembang – KORKIT
Berita Sejenis
1 daripada 3
Sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dalam memenuhi kebutuhan air bersih untuk seluruh masyarakat Palembang, Pemkot melalui Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) tirta Musi rencananya akan mulai membangun Intake  dan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Ogan 2 di Kecamatan Gandus pada 2018 mendatang.
Direktur PDAM Tirta Musi Palembang, Cik Mit menerangkan, pembangunan ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan air bersih wilayah Seberang Ilir. Seperti diketahui, untuk wilayah Seberang Ulu (SU) pemkot kini tengah membangun Intake dan ipa di Jakabaring.
“Kapasitas untuk pembangunan Intake dan IPA 2 ini nanti sekitar 1.100 liter/detik. Ini juga kita harapkan bisa untuk menambah pelanggan sampai 88 ribu pelanggan. Yang mana pembangunanya sendiri akan dimulai tahun depan, ” ungkap Cik Mit, Rabu (1/11).
Ia menjelaskan, pembangunan Intake dan IPA Ogan 2 akan terkoneksi dengan WTP (Water Treatment Plant). Dengan demikian, adanya IPA dan Intake baru tambahan ini, akan berdampak terhadap distribusi air bersih ke pelanggan dan penambahan sambungan langsung.
“Setelah ini maka PDAM dapat menambah kembali pelanggan. Dimana, jika 1 liter bisa memenuhi 80 pelanggan, maka jika dikalikan cadangan air yang dimiliki setelah ini selesai, PDAM bisa menambah 80.000 pelanggan baru,” tuturnya.
Pembangunan dan penambahan Intake serta IPA baru tersebut, sambungnya, juga untuk mewujudkan kebutuhan air bersih dengan menyesuaikan dengan pertumbuhan jumlah penduduk di Palembang.
“Jika pertumbuhan terjadi sebesar 1,37 persen, maka akan ada pertambahan pelanggan baru sekitar 667.000 sambungan langsung. Artinya, jika melihat sekarang dengan jumlah pelanggan 61.000 sambungan langsung, pada tahun 2023 mendatang masih bisa tercover,” tukasnya.
Sementara itu, dalam kunjungannya progres pembangunan Intake dan IPA Ogan di Jakabaring, Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda mengatakan, pihaknya menjamin sebelum Asian Games nanti pembangunan Intake Ogan dengan kapasitas 500 liter perdetik akan selesai. Sehingga, pasokan air bersih untuk wilayah Seberang Ulu khususnya Jakabaring, bisa tercukupi.
“Dengan selesainya pembangunan Intake Ogan ini, bisa mengcover pelanggan baru sekitar 30-40 ribu pelanggan. Mudah-mudahan, bisa cepat selesai. Sehingga, pelayanan air bersih di Palembang makin baik,” katanya.
Selain itu, Fitri berharap dengan penambahan ini selain dapat memenuhi kebutuhan air bersih di wilayah SU, distribusi air kedepan juga bisa 24 jam.
“Dengan adanya Intake dan IPA Ogan ke-2 ini, maka Kota Palembang khususnya diwilayah Seberang Ulu, akan memiliki cadangan sekitar 500 liter/detik. Dimana, cadangan untuk distribusi air bersih di kawasan Seberang Ulu ini bisa sampai dengan tahun 2023. Kita akan terus menambah kapasitas Intake dan IPA, demi memenuhi kebutuhan air bersih di Palembang, termasuk kawasan Seberang Ilir,” pungkasnya. Korankito.com/rika/ria
AN