Pengelolaan Terminal Timbangan Menjadi Kewenangan Dishub Sumsel

Terminal tipe B yang berada di Timbangan KM 32 Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir (OI). Foto/harryterminal

Indralaya – Kepala Bappeda Ogan Ilir (OI), H. A Rahan Rosyidi mengatakan saat ini pengelolaan dan pemasukan dari Terminal tipe B yang berada di Timbangan KM 32 Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir (O) telah diambil alih oleh Pemerintah Provinsi  (Pemprov) Sumatera Selatan dalam hal ini Dinas Perhubungan (Dishub) Sumsel.

“Kita tidak perlu khawatir, sekalipun pengolahan dan pendapatan terminal tersebut kembali ke Provinsi, ‎namun kita tetap mendapat bagi hasil, misalnya dari setoran pajak,” ujarnya.

Menurut Rahman Rosyidi, kembalinya pengelolaan Terminal Timbangan 32 tersebut kepada Dishub Sumsel memang telah sesuai dengan ketentuan. Dimana berdasarkan Undang-Undang No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, terminal dengan tipe A kewenangannya kembali ke pemerintah pusat, sementara terminal tipe B kembali ke provinsi.

“Nah, terminal yang ada di Timbangan Km 32 termasuk tipe B, jadi operasionalnya dikembalikan lagi kepada Dishub Provinsi Sumsel,” ulasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan OI Dicky Syailendra menjelaskan, terminal dengan dengan tipe B ini berfungsi untuk memberikan pelayanan kendaraan bagi penumpang umum, angkutan antar kota dalam provinsi, angkutan kota serta angkutan pedesaan. Sedangkan sesuai dengan amanat UU No 23/2014 tentang pemerintah daerah, bahwa terminal tipe A diambil oleh pemerintah pusat melalui Kementrian Perhubungan.

“Sementara untuk terminal tipe B dikelola pemerintah propinsi. Begitu pun untuk terminal tipe C dikelola pemerintah kabupaten dan kota,” singkatnya. Korankito.com/harry/ria

AN