Widodo Tantang Vendor Penyedia Internet

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan, Widodo. Foto/ejak

Palembang – Salah satu kendala dalam mewujudkan 100 persen pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Sumatera Selatan (Sumsel) yakni belum meratanya jaringan internet dan listrik ditiap daerah penyelenggara ujian.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel Widodo menjelaskan, perihal jaringan internet dan listrik bukan ranah dari Disdik Sumsel, melainkan ada pihak tertentu yang mengurusnya. Pihaknya hanya menyediakan lokal maupun perlengkapan komputer dan server untuk pelaksanaannya.

Berita Sejenis
1 daripada 18

“Jaringan dan listrik bukan wilayah disdik. Namun untuk perlengkapan lainnya terus kita upayakan dengan pengadaan komputer maupun menerapkan ujian silang bagi sekolah yag sudah punya komputer.

Untuk itu, lanjutnya, pihaknya telah melakukan audiensi dengan pihak penyedia jaringan listrik maupun internet. “Maka saya menantang vendor untuk jangan bermain di daerah perkotaan saja. Jadilah volentir di daerah, karena di sana juga dapat membuka pangsa pasar baru untuk mereka,” katanya.

Diakuinya, kalau jaringan listrik dan internet sudah terpasang, maka dapat dipastikan bahwa untuk UNBK 2018 minimal 90 persen sekolah sudah melaksanakannya. “Kendalanya hanya itu saja, selama jaringan itu terpenuhi maka saya yakin semuanya akan berjalan lancar,” pungkasnya. korankito.com/ejak

AN