Kopertis Wilayah II Gaet UT Untuk Bina PTS

Ketua Kopertis Wilayah II Slamet Widodo. Foto/ejak
Palembang-Koordinator perguruan tinggi swasta (Kopertis) Wilayah II Sumatera Bagian Selatan dan Bangka Belitung (Sumbagsel-Babel) bakal gaet Universitas Terbuka (UT) Sumsel untuk memperkuat pembelajaran sistem online di PTS.
Berita Sejenis

Polsri Gelar EDS Kedelapan

1 daripada 18
Ketua Kopertis Wilayah II Slamet Widodo mengatakan, diera serba internet saat ini, Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dituntut untuk dapat mengikuti  perkembangan zaman agar dapat mengeluarkan lulusan dengan ilmu yang kekinian.
“Kami berencana akan menggandeng UT untuk mengimplementasikan kelas digital di lingkungan PTS, sehingga para mahasiswa mampu memasuki dunia kerja yang modern ini,” jelasnya, Jum’at (27/10).
Menurutnya, UT dinilai lebih berpengalaman dalam mengimplementasikan kelas digital. Belum lagi UT merupakan PTN negeri dengan nomor urut 45 di Indonesia, sehingga tidak diragukan lagi sistem perkuliahan onlinenya. “Dengan ini pula dapat menciptakan kampus yang ramah lingkungan. Sebab dengan kelas digital atau online nantinya setiap PTS di Sumbagsel-Babel bisa menargetkan kelas bebas kertas (paperless) di PTS masing-masing,” harapnya.
Selain itu, Slamet menambahkan, pihaknya akan secara bergantian mensosialisasikan sistem pembelajaran digital dan sistem online ke 214 PTS di Sumbagsel-Babel. “Kami akan serius untuk memperkuat kelas digital ini di lingkungan PTS Sumsel,” ulasnya.
Sementara itu, Kepala Unit Program Belajar Jarak Jauh UT (UPBJJ-UT) Sumsel Adi Winaya mengaku, pada prinsipnya pihaknya menyambut baik rencana Kopertis Wilayah II tersebut, karena UT sebagai pelaksana sistem pembelajaran terbuka dan jarak jauh tentu saja dengan senang hati berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang e-learning tersebut.
“UT siap bekerja sama dengan PTS yang di bawah naungan Kopertis Wilayah II, terkait pemanfaatan bahan ajar (buku modul), materi tutorial online UT utk diadopsi dan digunakan oleh PTS, sehingga PTS dapat menyelenggarakan Pembelajaran Jarak Jauh secara online sesuai aturan dari Kemenristek Dikti,” pungkasnya. korankito.com/ejak
AN