Sedih! Di Lubuklinggau, Satu Keluarga Menghuni Rumah Yang Nyaris Ambruk

Rumah milik Audio (45), bersama istri serta tiga anaknya yang nyaris ambruk gara-gara longsor. Foto/dhia

Lubuklilnggau – Hingga dengan Kamis (26/10), Audio (45) bersama istri serta tiga anaknya masih tinggal di rumah mereka yang beberapa hari lalu nyaris ambruk tergerus tanah longsor di samping kanan rumahnya, di Jl Muhamad Husein, RT 5, Kelurahan Taba Lestari, Kecamatan Lubuklinggau Timur I.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian longsor yang terjadi pada Senin (16/10) lalu sekitar pukul 07.00. Saat itu hujan turun dengan lebat, membuat kultur tanah yang ada di samping kanan rumah Audio bergerak dan longsor, hingga tergerus ke bawah, ikut pula menghancurkan talut. Akibat longsor itu, rumah kayu ukuran 4×7 meter yang ditempati Audio dan keluarganya itu nyaris ambruk dan menggantung di atas tanah.

Berita Sejenis
1 daripada 3

Kemudian oleh warga sekitar saat melihat kondisi rumah Audio menggantung dan khawatir ambruk, sempat dipasang tali serta tiang penyangga sebagai penahan agar tidak ikut tergerus longsor susulan. Lalu pasca kejadian, warga dengan swadaya memberikan bantuan guna perbaikan. Pelaksanaan perbaikan sudah berjalan sejak seminggu terakhir.

“Alhamdulillah, pasca kejadian sudah ada bantuan pemerintah dan warga sekitar juga dengan swadaya memberikan bantuan,” ungkap Audio.

Meski saat ini tengah dalam perbaikan dengan dibangun talut di samping kanan rumahnya, pihak Kelurahan Taba Lestarai tetap mengingatkan kepada pemilik rumah agar selalu waspada. Sebab jika sewaktu-waktu hujan turun kembali, dikhawatirkan longsor akan kembali terjadi. Apalagi pemilik rumah masih tinggal dirumah itu.

“Kita lagi urus untuk ngajukan proposal ke Perkim (Dinas Kawasan Permukiman dan Perumahan) yakni proposal bantuan perbaikan rumah. Kita juga selalu ingatkan untuk tetap waspada,” kata Staf Kelurahan Taba Lestari Gandi.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lubuklinggau Kgs Ferry menerangkan, pihaknya sudah mengecek dan melihat langsung ke lokasi. Bahkan pihaknya telah memberikan bantuan dan sekaligus mengingatkan kepada pemilik rumah untuk tetap waspada. “Kita sudah kesana melihat dan mengecek serta memberikan bantuan,” pungkasnya. (dhia/ejak)

AN