Jokowi Batal Saksikan Bidar

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Foto/dok

Palembang – Pelaksanaan Lomba Bidar dan Perahu Hias  yang menjadi kegiatan tahunan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dan rencananya bakal disaksikan langsung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), sepertinya tidak dapat terealisasi. Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Isnaini Madani, kesibukan dan pengaturan waktu yang belum jelas hingga kini, membuat pihaknya segera menggelar kegiatan tersebut meski tanpa disaksikan Presiden RI tersebut.”Kita memang menjadwalkan sebelumnya, ini bisa disaksikan langsung oleh Pak Jokowi, kan bagus kalau kegiatan rutin khas Palembang yang telah ada sejak zaman pemerintahan Belanda ini disaksikan langsung oleh orang nomor satu di Indonesia. Hanya saja jadwalnya juga belum jelas, ada yang bilang di awal November kemudian akhir Oktober. Nah, daripada menunggu yang tidak jelas dan lama-lama kegiatan ini malah tidak jadi, ya mending kita tetapkan saja pelaksanaannya pada 28 Oktober mendatang,” jelasnya, Rabu (25/10).

Isnaini menuturkan, akan ada yang berbeda pada pelaksaan Lomba Bidar dan Perahu Hias di tahun ini, sebab pelaksanaan ini akan dimeriahkan juga oleh penampilan jetsky dan layang-layang.

“Banyak hal menarik yang akan kita suguhkan pada perayaan bidar tahun ini. Untuk itu kita berharap agar masyarakat juga ikut berpartisipasi dalam menyaksikan dan meramaikan kegiatan ini,” tukasnya.

Ia menjelaskan, kegiatan ini nanti akan mengusung tema Semangat Sumpah Pemuda Wujudkan Palembang Jadi Kota Wisata Sungai untuk masyarakat pada umumnya dan dalam rangkaian menuju Palembang emas. Diketahui, Dinas Pariwisata selaku panitia pelaksana membatasi jumlah peserta bidar hanya untuk 13 tim di tahun ini.

“Untuk pengumuman akhir acara dalam kegiatan perlombaan ini nanti berbeda dengan tahun sebelumnya yang langsung diumumkan pada pelaksanaan selesai, untuk kali ini kita akan umumkan juaranya pada sore harinya. Ditahun depan pelaksanaan ini juga bisa berkembang, dengan melibatkan tiap Organsisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkungan Pemkot Palembang untuk ikut serta dalam lomba, agar perlombaan ini semakin semarak,” pungkasnya. Korankito.com/rika/ria

AN