Dalam Dua Jam, Anak Sungai Kedukan Bersih Dari Sampah

Tampak warga RT 17 Kelurahan 8 Ulu Kecamatan Jakabaring Palembang melaksanakan kegiatan gotong royong membersihkan anak sungai Kedukan yang langsung dipimpin Sekretaris Daerah Kota Palembang, Harobin Mustofa. Foto/rika

 

Palembang – Memasuki musim penghujan saat ini, kegiatan gotong royong yang merupakan kegiatan rutin Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang bersama masyarakat nampaknya kian gencar dilakukan utamanya untuk mengembalikan fungsi sungai dan anak sungai. Hal ini guna meminimalisir adanya genangan-genangan air khususnya di kawasan padat penduduk dan daerah rentan banjir.

Berita Sejenis
1 daripada 8

Seperti gotong royong yang dilaksanakan di sungai dan anak sungai Kedukan di RT 17 Kelurahan 8 Ulu Kecamatan Jakabaring Palembang, Minggu (22/10). Dalam gotong royong yang dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang tersebut diketahui, sungai yang tadinya dipenuhi dengan sampah kini bersih hanya dengan gorong royong dalam kurun waktu dua saja.

Dalam hal ini, Sekda Kota Palembang, Harobin Mustofa mengungkapkan, selama dua jam pelaksanaan gotong royong yang telah berhasil membersihkan aliran sungai ini diharapkan agar masyarakat setempat tetap menjaga kebersihan lingkungan beserta sungai dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Sesuai dengan tujuan gotong royong ini sendiri yakni untuk menimbulkan rasa cinta terhadap lingkungan. Dengan telah dibersihkannya sungai ini, akan ada rasa malu untuk tidak mencintai lingkungan, akan ada rasa malu untuk buang sampah sembarangan, harapannya seperti itu. Kalau anak sungainya bersih seperti ini air artinya kan berfungsi dengan baik, sehingga genangan air saat musim hujan berlangsung nanti dapat kita cegah, ” katanya, usai pelaksanaan gotong royong.

Selain itu, lanjutnya, sesuai dengan keinginan Walikota Palembang, dalam satu rangkaian kegiatan gotong-royong, Disamping membersihkan lingkungan yang dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat, pihaknya juga memberikan pelayanan umum yang dibutuhkan masyarakat.

“Jadi efek dari program yang dipelopori Pak Walikota ini harus benar-benar terasa oleh masyarakat, misalnya sungai kembali pada fungsinya kan, selain itu dalam lokasi tersebut hadir pelayanan umum,seperti kesehatan dan lainnya, ” pungkasnya.

Sementara itu, salah satu warga setempat, Wati (41) mengaku senang sekali dengan adanya kegiatan ini. Dimana rumput kiar dan sampah yang menumpuk kini sudah dibersihkan.

“Alhamdulillah pak, senang lihat kalau bersih cak ini, tadinya rumput liar dan sampah menumpuk, kini sudah dibersihkan. Kalau hujannya deras disini sering tergenang air, bahkan bisa masuk rumah, diharapkan dengan ini genangan airnya bisa diatasi, ” katanya.

Disamping itu, ia juga berharap Pemkot Palembang segera membangun beberapa saluran air yang belum dicor. “Itu ada selokan yang dicor, sebagian ada juga yang belum, semoga pemerintah bisa menyelesaikan semua sampai depan lorong,” tukasnya. korankito.com/rika

AN