Keturunan Ke-40 Nabi Muhammad SAW

Alwi Assegaf.dok

Namanya Alwi Assegaf. Usianya baru 11 tahun. Kehadirannya di layar kaca menjadi sorotan, karena Alwi adalah keturunan ke-40 Nabi Muhammad SAW. Karena merupakan keturunan Rasul, maka nama Alwi Assegaf sudah tertulis di Maktab Nasab Rabitul Alawiyah, organisasi khusus yang menjaga silsilah keturunan Nabi.

“Alhamdulillah ayahnya, Habib Mahdar, sudah mendaftar di Maktab ini dan sudah pernah membuat buku dan sudah mencantumkan nama anaknya, Alwi. Kalau melihat urutannya dia adalah urutan ke-40 dari Nabi Muhammad SAW. Anaknya Nabi Muhammad SAW dari Fatimah yang menurunkan, yang lain tidak menurunkan,” jelas Habib Ahmad Muhammad bin Alatas, Ketua Maktab Nasab Rabitul Alawiyah.

Adalah keturunan ke-40 Nabi Muhammad SAW, tentu Alwi Assegaf bukan bocah sembarangan. Di usianya yang baru 11 tahun, Alwi sudah wara-wiri berdakwah, mahir mengaji dan menghafal Alquran.

“Dan ini memang dari turunan Assegaf termasuk orang cerdas, pintar, seperti nama kakeknya Abdurrahman Assegaf, terkenal dengan ahli ibadahnya, menghafal Alquran 8 kali dalam satu hari,” terang Habib Ahmad Muhammad bin Alatas.

“Nama Assegaf berasal dari Abdurrahman Assegaf, keturunan ke-17 Nabi Muhammad SAW, yang terkenal cerdas dan pintar hingga mampu hafal Alquran 8 kali dalam sehari,” lanjutnya.

Bagi Alwi, mengaji tak hanya merupakan rutinitas wajib. Lebih dari itu, mengaji sebagai wujud doa anak saleh kepada kedua orang tuanya.

“Kalau kita hafal Alquran Insya Alllah kita akan memberi mahkota pada bapak dan ibu kita. Nah, kalau misalnya Alwi dah hafal 30 jus, Insya Allah Alwi juga dapat pahala,” tandas bocah kelahiran Tokyo, Jepang, 3 Februari 2006 itu. O tri