Pembangunan Pasar Ikan Modern Terkendala Lahan

Ilustrasi salah satu pasar ikan di Sumsel. Foto/ist
Palembang – Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang untuk membangun Pasar Ikan Modern terkendala lahan yang sampai saat ini belum didapatkan. Sedangkan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah menyatakan bersedia untuk memberikan bantuan dana pembangunan pasar ikan modern di Kota Palembang
Berita Sejenis
1 daripada 4
“Kita masih mencari lahannya karena untuk mewujudkan supermarket khusus ikan ini diperlukan lahan baru 2.000 meter persegi untuk menempatkan klostorit atau mesin pendingin ikan dengan kapasitas 100 hingga 200 ton,” ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang, Harobin Mastofa, Minggu (15/10).
Harobin menuturkan dengan dibangunnya pasar ikan ini, diharapkan dapat bermanfaat untuk masyarakat dan perekonomian Palembang dalam mengurangi pengangguran. Apalagi nantinya pasar ikan ini akan menggantikan tempat pelelangan ikan sebelumnya yang berada di Sekanak yang kini tidak beroperasi lagi.

“Kita upayakan mencari di Seberang Ilir, jika tidak ada maka di Ulu. pasar ini akan berbeda pada pasar ikan umumnya, tidak akan bau dan becek karena sifatnya pasar modern dan akan memiliki tempat penyimpanan ikan berkapasitas besar,” bebernya.

Sebelumnya, Inspektur Jenderal (Irjen) KKP Muhammad Yusuf, saat memantau kondisi Pasar Sekanak beberapa waktu lalu menilai kawasan tersebut terlalu kecil untuk dijadikan sebagai pusat perdagangan ikan. Pihaknya segera akan memberikan bantuan pembangunan tempat baru yang lebih besar dan modern layaknya supermarket khusus ikan.
“lahannya harus cukup luas dan berada dalam jangkauan masyarakat,” terangnya.

Karena itu, Pemkot Palembang bisa segera menyiapkan lahan baru dan lebih luas dari kawasan Sekanak serta berada di tengah kota dan mudah dijangkau. Karena pusat perdagangan khusus ikan dan modern ini sudah menjadi cita-cita Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudji Astuti.

“Menteri Susi sangat ingin ada pasar modern ikan. Di dalam pusat perdagangan itu ada ikan segar, ikan olahan dan berada di tengah kota. Konsepnya seperti supermarket,” katanya.

Ia menuturkan, dana yang diperlukan dan disiapkan untuk pembangunan pasar ini nanti berkisar Rp 162 miliar. Jika sudah ada lokasinya, maka pembangunan akan langsung dilakukan. Sebab, pemerintah pusat telah menyiapkan dananya.
“Lagipula saat ini pembangunan Pasar Ikan Modern baru ada satu yaitu di Muara Baru, Jakarta,” pungkasnya. Korankito.com/rika/ria
AN