Panwaslu Lahat Gelar Tes Tertulis Panwascam

Tampak para peserta tes Panwascam berdesakan di Gedung Kesenian Lahat. foto/ujang

 

Lahat – KORKIT

Sebanyak 492 peserta tes Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) padati ruang tes yang bertempat di Gedung Kesenian (GK) Lahat. Kendati Panitia Pengawas Pemilu (Pawaslu) hanya membutuhkan tiga komisioner saja, terlihat peserta sangat antusias mengikuti tes tersebut, bahkan untuk mengambil nomor ujiannya, peserta sampai berdesak desakan.

 

Tes Panwascam secara tertulis ini dibuka langsung oleh Ketua Panwaslu Kabupaten Lahat Sepsara. Dalam sambutanya ia mengatakan, bahwa tes Panwascam ini dilakukan sesuai prosedur yang ditentukan dan tidak ada sifat diskriminasi peserta untuk diluluskan. “Silahkan peserta untuk mengisi soal yang dibagikan, karena jawaban anda yang menentukan lulus atau tidaknya,” tegas pria berkacamata ini, Senin  (16/10).

 

Untuk pengumuman kelulusannya, lanjutnya, akan diumumkan besok pagi tanggal (17/10) melalui media, sms, koran dan lainnya. “Akan kami umumkan besok pagi siapa-siapa yang lulus,” tambahnya.

 

Nampak setelah pembukaan tersebut, suasana sontak hening saat para peserta mengisi soal yang dibagikan oleh petugas Panwas dengan serius. Salah seorang peserta tes Lili Hartati mengakui bahwa semua soal tersebut sangat berhubungan dengan Pemilu dan tugas Panwaslu.

 

“Soalnya berhubungan dengan Pemilu semua, dan tugas dari Panwas, jadi soalnya susah-susah gampang kak,” aku peserta dari Kecamatan Lahat ini.

 

Senada, seorang peserta dari Kecamatan Pulau Pinang Deni Afrizal menambahkan, bahwa isi soal banyak tentang Pemilu, sedangkan dirinya belum ada pengalaman sama sekali dibidang Pemilu tersebut, tetapi Alhamdulillah sudah mengikuti tes mudah mudahan sesuai dengan dengan harapan. “Alhamdulillah sudah mengikuti tes, mudah-mudahan hasilnya sesuai dengan harapan,” pungkasnya. (korankito.com/ujang/ejak)