Cegah Banjir, Masyarakat Diimbau Jaga Kebersihan Kolam Retensi

Walikota Harnojoyo ketika meninjau kolam retensi. Foto/ist

Palembang – Tanpa harus didampingi langsung oleh Walikota Palembang, tim relawan Tagana Kota Palembang tetap melaksanakan gotong royong di kawasan kolam retensi di lokasi Perumahan Griya Sako Asri, Kelurahan Lebong Gajah Kecamatan Sematang Borang. Hal ini merupakan bukti gerakan yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang pada setiap aksi gotong royong dengan membudidayakan rasa malu membuang sampah sembarangan cukup berhasil.

“Sebenernyo aku lah kepengen nian melok nyebur untuk bersihke kolam ini, tapi pas datang kolam retensi sudah bersih,” ucap Walikota Palembang, Harnojoyo sesampainya di lokasi tersebut,  Minggu (15/10) pagi.

Berita Sejenis
1 daripada 6

Dalam kesempatan tersebut, diketahui tim Tagana berhasil mengangkut tumpukan eceng gondok dan rumput liar hasil dari gotong royong dengan menggunakan dua truk sampah. Menurut Harno, kolam retensi yang berukuran cukup besar yang dikelilingi rumah warga ini harus dijaga kebersihannya, terutama saluran air yang langsung mengalirkan air ke kolam tersebut agar tidak tersumbat sehingga tidak terjadi banjir.

“Setelah ada kegiatan ini harapannya nanti masyarakat itu punya rasa malulah, oh kalinya kan sudah bersih, sudah enggak pengen mengotori lagi,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, Pemkot Palembang juga akan melakukan pendekatan kepada pemilik tanah yang dijadikan kolam retensi tersebut. Sebagaimana diketahui kolam retensi itu merupakan milik salah seorang warga.

“Saya juga inging bertemu langsung dengan pemiliknya untuk diajak bicara agar kolam retensi itu nantinya agar tidak digunakan untuk kepentingan lainnya,” tukasnya. Korankito.com/rika/ria

AN