Wow! Di Pedamaran, Kerbau Jadi Hadiah Lomba Kebut Perahu

Puluhan perahu tradisional memenuhi Sungai Babatan, Kecamatan Pedamaran, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI)

OKI – Masih dalam suasana memeriahkan Hari Kemardekaan Republik Indonesia ke 72, ribuan masyarakat memenuhi pinggiran Sungai Babatan, Kecamatan Pedamaran, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) untuk menyaksikan lomba kebut perahu yang berhadiah seekor kerbau. Senin Sore (21/8).

Perlombaan kebut perahu menjadi kegiatan rutin yang diselenggarakan masyarakat Pedamaran dalam memeriahkan acara HUT RI setiap tahun.

Perlombaan ini dibagi menjadi dua kelas

jenis perahu, yaitu jenis perahu bidar dan dangkuk. Perahu bidar digunakan untuk perlombaan (pancalan), perahu dangkuk yang biasa digunakan warga untuk pergi ke sawah dan mencari purun.

Sebanyak 14  unit perahu bidar mini ditambah 21 perahu dangkuk adu cepat sore itu di bentangan Sungai Babatan. Julukan perahu yang didayung oleh lima orang itu sungguh unik. Sebut saja Koboy Kuro, Ular Aek, Sampah Emas sampai Lintang Pulat.

Kegiatan yang digelar dalam rangka HUT RI ke 72 di gelar Senin, 21/8, siang. Kendati panas terik, para peserta tetap antusias untuk melanjutkan perlombaan demi memperebutkan hadiah.

Bupati OKI, H Iskandar SE saat menyaksikan lomba kebut perahu Senin (21/8) (foto/endri)

Hadiah yang disiapkan panitipun terbilang unik, yaitu juara I bidar mendapat satu ekor kerbau sedangkan juara satu kelas perahu dangkuk mendapatkan seekor kambing. Juara II dan III masing-masing mendapat uang pembinaan.
Bupati OKI, H. Iskandar, SE turut hadir dan mendukung penuh pesta rakyat ini tampak antusias menonton lomba ini.

“Kita sangat mengapresiasi kegiatan ini sebagai bentuk pelestarian tradisi daerah dan sebagai hiburan masyarakat,” kata Iskandar.

Bahkan, lanjut dia, kegiatan ini akan digalakkan “Tradisi ini patut kita jaga sebagai adat budaya dan potensi pariwisata,” katanya. (korankito.com/endri/mbam)