Guru/Tenaga Pendidikan dan Sekolah di Sumsel Banjir Penghargaan

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin dan Para Guru, Tenaga Pendidikan serta Kepala Sekolah di Sumsel yang meraih penghargaan dalam ajang Pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan tingkat nasional 2017. Foto/hms

Palembang – Sebanyak delapan penghargaan diraih Guru dan Tenaga Pendidikan serta Sekolah di Sumsel dalam ajang Pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan tingkat nasional 2017 yang berlangsung Plaza Insan Berprestasi Gedung A kantor Kemdikbud jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin (14/8) malam oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Hal ini terungkap saat para penerima penghargaan diterima Gubernur  H. Alex Noerdin diruang tamu Gubernur. Senin (21/8). H. Alex Noerdin ungkapkan rasa bangga sekaligus memberikan selamat kepada para pemenang.

Sejak 2008 Sumsel menetapkan skala prioritas utama dalam kemajuan Sumsel. Diantaranya bidang , pendidikan dan kesehatan juga lapangan kerja. Dimana pendidikan diakses dengan program sekolah gratis begitu pula kesehatan diakses dengan program berobat gratis. Bahkan sejak 2015 Sumsel telah melaunching  program kuliah geratis dengan 60 pilihan program study.

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin dan Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Palembang Nasrul Bani Peraih Juara 1 Nasional Sekolah Sehat

Gubernur berharap, Program yang telah berlangsung ini, dapat meningkatkan mutu dan kualitas Guru dan tenaga pendidik. Mengingat kedepan persaingan semakin ketat.

Apalagi untuk bisa mendapat penghargaan tersebut dibutuhkan kerja keras, komitmen yang kuat ditambah semangat yang tinggi. “Indonesia itu luas kita bisa yang terbaik itukan hebat. Dapat memberi insipirasi bagi kita semua,” ungkapnya.

“Saya bangga pada Bapak dan Ibu yang bekerja di tenaga pendidik, itu profesi yang sangat mulia, Pahlawan tanpa tanda jasa,” Pungkasnya.

Kepala Dinas Pendidikan Prov. Sumsel Widodo, Menambahkan penghargaan diterima ini membuktikan kepada masyarakat luas, bahwa program prioritas utama dari Pemerintah Daerah yang telah berlangsung tidak mengurangi mutu dan kualitas.

“Terbukti ini kan jelas bukan rekayasa, Harapan kita penghargaan ini dapat menginsprasi ke sekolah lain untuk tidak saja unggul di daerah namun di Nasional bahkan Internasional,” tambahnya.

Adapun nama-nama peraih juara antara lain,  Wahyu Eko Romadhon S.Pd MM juara I untuk kategori Pengawas SMA Disdik Sumsel, Sri Astini juara II kategori Pengawas SD Oku Timur, Fransiska pemenang II untuk kategori Guru TK Al Hikmah 2 Palembang, kemudian Masrohan S.Pd meraih juara III Kepala SD N Bingin Teluk Muratara, Adi Kurniawan S.Pd juara II Laboran SMAN 2 Unggul Sekayu Muba, Fiksi Narsih pemenang III Laboran SMK N I Gelumbang Muara Enim, Susi Susanti SE meraih juara III Pustakawan SMA N 2 Unggul Sekayu, dan yang terakhir SMA N I Palembang berhasil meraih juara I nasional untuk kategori sekolah sehat.

Sebanyak 108 Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2017, dari 875 total GTK dari seluruh Indonesia mengikuti ajang tersebut yang berlangsung dari 14 Agustus 2017- 19 Agustus 2017 melalui proses seleksi tes tertulis, wawancara, penilaian portofolio, penilaian praktik baik (best practice) dan presentasi, dengan dua hari durasi ujian yaitu tanggal 15 s.d. 16 Agustus 2017.

Seluruh peserta lomba mendapatkan sertifikat yang ditandatangani oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, sebagai guru berprestasi dan berdedikasi, sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap pemberdayaan GTK yang telah memberikan prestasi, dan dedikasinya terhadap dunia pendidikan.

“Saya harap Bapak dan Ibu guru dapat terus menambah wawasan, dan mengasah pengetahuan untuk dapat meningkatkan profesionalisme. Yang terpenting adalah inner motivation guru itu sendiri,” ungkap Mentri pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.(korankito.com/hms/mbam)