Bisa Dipercaya

Puluhan Pebalap Akan Unjuk Kebolehan di ajang Kejurnas Rally 2017

Rapat koordinasi penyelenggaraan kejuaraan nasional speed rally Indralaya. Ogan Ilir, di Griya Agung palembang Jumat (11/8)

Palembang- Ogan Ilir dipercaya sebagai tuan rumah perhelatan akbar Kejurnas Merdeka Rally 2017 yang akan dipusatkan di Sirkuit Inderalaya dan dilaksanakan selama tiga hari berturut turut, yaitu dari tanggal 18 sampai 20 Agustus mendatang.

Puluhan pebalap Nasional yang berkompeten akan unjuk kebolehan di Ajang Kejurnas yang merupakan yang pertama di adakan di sumsel dan di gadang-gadang menjadi tolok-ukur sebagai single event dunia dan juga Host City MotoGP 2018 mendatang.

Ketua PP IMI Sadikin Aksa menyampaikan, Indonesia sudah lama tidak menggelar kejurnas speed rally. Terakhir, ajang tersebut digelar pada 2010 lalu. Mengenai latar belakang  kenapa pihaknya memilih Ogan Ilir sebagai lokasi penyelenggaraan seri 1, karena rute yang ada di Indralaya salah satu yang terbaik dan menjadi favorit pebalap selain Medan dan Makassar.

Berita Sejenis

Moral Milik Pendidik

Suami Pergoki Istri Tidur Tanpa Busana di Kamar Kos PIL

Belasan Motor ‘Bali’ Dikerangkeng

1 daripada 3.101

“Selain itu, kami juga berencana menyiapkan Sumsel untuk menjadi tuan rumah kejuaraan rally Asia Pasifik dan kejuaraan dunia. Juli kemarin kami sudah melakukan pembicaraan awal terkait ini,” ungkapnya pada pertemuan dengan jajaran pengurus IMI Sumsel, Bupati Ogan Ilir dan panitia kejurnas di Griya Agung, Jumat (11/8).

Sementara Bupati Ogan Ilir Ilyas Pandji menyebut bahwa sirkuit lintasan saat ini sudah siap untuk perhelatan balap seri satu nasional tersebut. Bahkan saat ini puluhan kendaraan balap sudah mulai masuk lintasan untuk uji coba lapangan.

“Jadi jarak keseluruhan lintasan sekitar 13,50 km dengan 10 special stage sudah ready dan tepat disamping Kompleks Perkantoran Tanjung Senai Kabupaten Ogan Ilir,”ujar Bupati OI ini.

Ketua Panitia Speed Rally Anto Bambang Utoyo menambahkan, total peserta yang akan turun dalam event ini sebanyak 30 peserta dari berbagai daerah dan memiliki ranking 1-10. Ada dua kategori yang akan diperlombakan pada kejurnas nanti yakni sprint rally, menempuh jarak 13.5 KM dan speed rally dengan jarak 140,68 KM yang terbagi dalam 10 special stage (SS).

“Track rally di OI memiliki karakteristik tersendiri dan bisa membuat pebalap memacu kendaraannya 200 KM/jam. Selain itu, track di OI cukup lengkap karena ada lumpurnya, pasirnya dan tanah hitamnya. Inilah yang dirindukan oleh pebalap,”terangnya.

Lanjutnya, Ia pun mengatakan setiap pembalap wajib datang ke lokasi sebagai syarat uji lintasan jelang kompetisi ini.(korankito.com/nisa/mbam)