Bisa Dipercaya

Lagi, Harnojoyo Lantik 276 Pejabat Pemkot Palembang

Walikota H Harnojoyo saat melantik 276 pejabat dilingungan pemkot Palembang Jumat (11/8)

Palembang – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang kembali melakukan rotasi jabatan, dimana pelantikan kepada 276 pejabat yang terdiri dari pejabat struktural mulai eselon II sampai eselon VI,B ini langsung dilakukan Walikota Palembang, Harnojoyo di ruang rapat Parameswara Kantor Setda Palembang, Jum’at (11/8).

Walikota Palembang, Harnojoyo menuturkan, rotasi jabatan ini dilakukan untuk mempercepat pembangunan infrastruktur dan meningkatkan pelayanan publik. Menurutnya, ini merupakan hal wajar sebab penyegaran jabatan ini dilakukan dalam rangka mensinergikan kerja pemerintahan untuk mewujudkan visi misi Palembang Emas 2018.

Berita Sejenis

Kisah Anak Putus Sekolah Karena Biaya!

Dampak Gadget Bagi Pelajar

SFC ‘Galau’ Ikut Piala Presiden Atau Tidak

1 daripada 3.089

“Rotasi jabatan ini dilakukan karena beberapa dinas terkait membutuhkan sinergitas kerja yang cepat dan tepat untuk menunjang pembangunan di kota Palembang. Tentu harus selaras dengan gerak walikota dan wakil walikota dalam mewujudkan Palembang Emas 2018. Bahkan ini dilakukan setelah mendengar langsung aspirasi warga melalui gerakan safari subuh berjamaah,” tuturnya.

Diketahui, ada beberapa badan atau dinas yang mengalami pergantian, diantaranya, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda), Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Perdagangan, Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP), staf ahli, dan jabatan eselon lainnya termasuk kepala sekolah.

“Pelantikan yang dilakukan untuk menunjang kinerja walikota dalam mencapai visi misinya. Dimana, pelantikan dalam rangka penyegaran, untuk meningkatkan kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang penuh semangat dan serius menjalani tanggung jawabnya membangun kota Palembang,” jelas Harno.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BK-PSDM) Kota Palembang, Ratu Dewa, usai pelantikan mengatakan, mutasi jabatan antar eselon ini dilakukan untuk mempercepat pembangunan infrastruktur dan meningkatkan pelayanan publik.

“Pak Wali tidak hanya fokus pada program gotong royong dan solat subuh saja, tetap dari sisi teknokratnya juga harus baik dan saat laporan pertanggungjawaban bisa dilihat capaian target dari masing-masing dinas. Karena selama ini pihaknya menilai pencapaian dari sisi teknokratnya masih sangat rendah,” terangnya.

Dewa mengatakan, salah satu target yang ingin dicapai oleh Pemkot Palembang dengan adanya rolling jabatan ini adalah meningkatkan link ke tingkat nasional lebih baik. “Misalnya di bidang perdagangan, kami tempatkan Ibu Hardayani karena kami anggap, mampu menjalin dan membangun relasi secara nasional lebih luas,” ujarnya.

Selain itu, peningkatan pelayanan publik juga menjadi tujuan utama dilakukan pelantikan. “Dulu kita pernah mendapatkan penghargaan pelayanan publik terbaik di tingkat nasional. Dengan pelantikan ini kami berusaha bagaimana kita menggarap pelayanan publik yang ada di pelayanan terpadu satu pintu, perizinan harus lebih digiatkan lagi” tukasnya.

Ia menambahkan, pelantikan ini dilakukan hari ini juga karena akan memasuki masa pemilihan kepala daerah (Pilkada). Karena saat pilkada tidak boleh ada lagi rotasi dan jobfit di lingkungan kepala daerah, setelah tanggal 12 ini jika ada pelantikan harus ada izin dengan menteri, makannya pelantikan kita lakukan hari ini,” pungkasnya. (korankito.com/raya/mbam)