Bisa Dipercaya

Ranting Pohon Penyebab 95 Persen Gangguan Listrik

Sekda Palembang Harobin M

Palembang – Untuk mengurangi gangguan listrik yang diakibatkan banyaknya pohon yang mengganggu jaringan kabel listrik, PT PLN WS2JB areal Palembang mengadakan gebyar penyulang guna meningkatkan keandalan. Kegiatan ini merupakan kerja sama antara PT PLN beserta jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang.

Dalam gebyar penyulang ini sebanyak 132 petugas PLN ditambah 14 orang dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Palembang dilibatkan untuk melakukan pembersihan ranting pohon yang mengenai kabel listrik.

Berita Sejenis
1 daripada 5

Manajer PLN SW2JB Area Palembang Selamet DS, mengungkapkan hampir 95 persen gangguan listrik yang terjadi diakibatkan sentuhan ranting pohon. Karena itu ranting-ranting pohon yang menyentuh kabel listrik tersebut wajib dibersihkan.

“Standarnya itu radius 2,5 meter ke samping dan ke atas, serta 3meter ke bawah kabel listrik tidak boleh ada yang terganggu. Kabel itu tegangan tinggi, jadi kalau tersenggol sedikit saja sering mengalami gangguan, nah saat mengalami gangguan itulah, kita harus mencari titik yang mengalami gangguan,” ujarnya, Selasa (24/1).

Ia menjelaskan, sampai saat ini setidaknya ada 13 gardu induk yang ada di kota Palembang ditambah dengan 132 penyulang yang harus diawasi keadaannya.‎ Saat ini PT PLN memiliki satu mobil crane, ditambah dengan tiga mobil crane dari Pemkot Palembang yang nantinya akan digunakan untuk membersihkan ranting pohon tersebut.

“Sebenarnya ini merupakan kegiatan rutin kita. Namun, karena ini awal tahun kita harus ada gebrakan. Memang saat ini, ada beberapa lokasi yang terkena gesekan ranting pohon ini, sehingga harus kita bersihkan. Kita juga berterima kasih dengan bantuan Pemkot, karena kebanyakan pohon milik masyarakat yang terkena kabel ini, tidak suka jika pohonya dipangkas. Untuk itulah, dengan dukungan Pemkot, diharapkan bisa memberikan pengertian kepada warga,” ungkapnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang, Harobin Mastofa menambahkan, untuk meningkatkan kinerja PT PLN dalam melayani masyarakat ini tidak bisa dibebankan hanya kepada pemerintah, namun diperlukan dukungan antar instansi.

“Saya sudah sampaikan kepada PLN, nantinya waktu pemangkasan, masyarakat harus diingatkan. Jangan sampai mereka keberatan kalau pohonnya dipangkas. Inikan hanya pemotongan ranting, dirapikan bukan ditebang,” tegasnya.

Selain itu, Harobin berharap PT PLN dapat membantu memperindah kota Palembang dengan cara merapikan kabel-kabel listrik yang ada saat ini. Apalagi Kota Palembang sedang menyosong Asian Games 2018 mendatang.

“Kalau belum dibungkus, ya segera dibungkus, dirapikan, jadi enak dilihat dan rapi. Itu juga sudah jadi perintah pak Gubernur saat meninjau kabel di pusat kota,” ungkapnya (korankito.com/ria)