Inovasi Aspal karet Muba Raih Hadiah 20 Milyar dari Kementerian PUPR

JAKARTA, KORANKITO.COM – Sejak diterapkan pada bulan Oktober 2018 lalu, pembangunan infrastruktur jalan aspal bercampur karet di Kabupaten Musi Banyuasin terus menuai apresiasi dan pengakuan positif dari berbagai pihak. Bahkan, beberapa waktu lalu Presiden RI Joko Widodo menyebutkan pembangunan jalan aspal campur karet di Kabupaten Muba merupakan salah satu upaya dan jalan keluar untuk mendongkrak harga karet di kalangan petani.

Tidak hanya pengakuan positif, namun inovasi yang di inisiasi oleh Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin ini juga diganjar penghargaan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang diserahkan secara langsung oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Jumat (7/12/2018) malam dalam rangkaian puncak peringatan Hari Bakti PU ke 73 di Auditorium Kementerian PUPR.

Diketahui, Kabupaten Muba sebagai tiga Kabupaten terbaik se-Indonesia dalam penyelenggaraan infrastruktur PUPR 2018 kategori Inovasi Penerapan Teknologi Penyelenggaraan Pembangunan Infrastruktur PUPR. Tercatat dari total 416 Kabupaten dan 98 Kota di Indonesia, Kabupaten Muba satu-satunya daerah di Pulau Sumatera yang dinilai terbaik. Selain itu, inovasi Penerapan pembangunan aspal karet yang pertama kali di Indonesia yang diterapkan di jalan Kabupaten Muba yakni tepatnya di Desa Mulyorejo B4 Kecamatan Sungai Lilin.

“Reward ini untuk seluruh warga Muba dan pihak terkait yang telah mendukung dalam penerapan inovasi pembangunan infrastruktur di Kabupaten Muba,” ungkap Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin.

Lanjutnya, dirinya bersama jajaran di lingkungan Pemkab Muba akan terus berbenah dalam hal melengkapi dan memperbaiki pembangunan infrastruktur di Kabupaten Muba. “Insya Allah, kebutuhan infrastruktur di Muba secara bertahap akan terus diperbaiki dan ditingkatkan baik Jalan, jembatan akan terus dibenahi dan ditambah menyesuaikan kebutuhan masyarakat Muba,” terangnya.

Menurut Dodi, dalam melakukan pembangunan dan perbaikan infrastruktur diperlukan inovasi dengan satu tujuan yakni menguntungkan masyarakat. “Ya, semisalnya saja inovasi jalan aspal karet ini, selain ketahanan aspal karet yang sudah teruji, aspal karet ini juga menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan harga karet petani kita.

Ia menambahkan, dirinya tidak akan terhenti dengan inovasi pembangunan infrastruktur aspal karet saja, tetapi ke depan pembangunan infrastruktur di Muba akan terus dipacu dengan inovasi-inovasi lain. “Terpenting inovasi itu nantinya memberikan feedback positif untuk masyarakat luas khususnya untuk masyarakat di Muba,” harapnya.

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyebutkan daerah yang terpilih mendapatkan award infrastruktur Kementerian PUPR ini sebelumnya sudah melewati seleksi yang ketat dan pihak Kementerian PUPR juga menerjunkan tim ke lapangan.

“Jadi, kepala daerah yang sudah duduk disini adalah orang-orang yang terbaik dalam melaksanakan pembangunan infrastruktur PUPR, serta memiliki inovasi tersendiri,” jelasnya.

Dikatakannya, bagi yang mendapatkan Penghargaan dari Kementerian PUPR Tahun 2018 ini akan diganjar hadiah sebesar Rp.20 Miliar yang dipergunakan untuk pembangunan di daerah masing-masing. “Jadi, beruntunglah masyarakat yang mempunyai kepala daerah yang mendapatkan award dari Kementerian PUPR, karena dengan Hadiah Uang  Rp20 miliar ini akan dipergunakan kembali untuk pembangunan di daerahnya,” tukasnya.

Adapun Kepala Daerah yang menerima Penghargaan Kementerian PUPR yakni diantaranya untuk tingkat Pemerintah Provinsi yakni Gubernur Kaltim,Gubernur Jateng, Gubernur Sulut, Gubernur NTB dan Gubernur Riau.

Kemudian, tingkat Kabupaten yakni Bupati Probolinggo, Bupati Semarang, Bupati Malang, Bupati Nganjuk, Bupati Morotai, Bupati Kendal dan Bupati Musi Banyuasin serta untuk Pemerintah Kota yakni, Walikota. Bandar Lampung, Walikota Surabaya dan Walikota Balikpapan. (hms/mbam)

Menteri PUPR menyerahkan penhargaan kepada Bupati Muba Dodi Reza Alex
AN