Bunda Baca Muba Thia Yufada Ungkap Sepuluh Keuntungan Membaca

Bunda baca Muba Thia Yufada didampingi Bupati Muba H Dodi Reza Alex dalam pengukuhan Duta baca di kecamatan Lais, Kamis (6/12/2018)

LAIS, KORANKITO.COM – Hebat dan canggih, kata inilah yang pantas disematkan kepada SMP Negeri 3 Kecamatan Lais, meski berada di level Kabupaten, Kamis (6/12/2018) peserta didik dan tenaga pendidik di sekolah ini melakukan Teleconference Bersama Guru dan Pelajar SMP Oresundsgymnasiet Landskrona Swedia dihadan Bupati Dodi Reza Alex Noerdin dan Bunda Baca Muba Thia Yufada.

Dalam kesempatan itu, Bunda Baca Muba Thia Yufada Dodi Reza mengatakan ada sepuluh keuntungan dari membaca.
Pertama, terhindar dari kebodohan. Kedua, bisa meningkatkan konsentrasi. Ketiga, bisa menjadi tahu akan sesuatu hal yang semula belum tahu sama sekali. Keempat, dapat mengembangkan kefasihan bertutur kata. Kelima, dapat mengungkapkan sesuatu secara lisan dengan mudah.

Keenam, dapat mengeksplorasi dan mengembangkan materi yang ingin kita ungkapkan. Ketujuh, dapat mengambil manfaat dari pengalaman orang lain. Kedelapan, bisa membangun negara. Kesembilan, bisa mengetahui kronologi suatu peristiwa. Kesepuluh, bisa menghilangkan stress.

“Dari keuntungan-keuntungan tersebut dapat disimpulkan bahwa membaca itu penting, karena dengan membaca kita dapat memperoleh informasi atau ilmu pengetahuan yang tidak hanya bermanfaat bagi kita namun bagi orang lain pula,” jelas mantan presenter Metro TV itu.

Lanjutnya, keberadaan duta baca ini akan juga dibentuk di Sekolah-Sekolah pedesaan. “Jadi, nanti bertahap seluruh Sekolah di Muba ini akan memiliki Duta Baca di masing-masing sekolah. Nah, mereka inilah nantinya punya tugas juga untuk mengajak peserta didik lainnya giat untuk membaca dan juga menulis,” tukasnya.

Pada kesempatan tersebut, Bunda Baca Muba mengukuhkan sebanyak 10 duta baca di tingkat SMP di SMPN 3 Lais, pengukuhan duta baca ini akan dilakukan bertahap ke seluruh sekolah di Kabupaten Muba.

Sementara itu, salah satu murid SMPN 3 Lais kelas X, Sylvia Larasati menyebutkan dirinya sangat termotivasi untuk lebih giat membaca setelah kehadiran Bupati Muba dan Bunda Baca Muba.

“Pak Bupati dan Bunda Baca sangat menginspirasi, semoga nantinya kami bisa sukses seperti mereka kedua dan giat untuk membaca,” pungkasnya. (hms/mbam)

Berita Sejenis
1 daripada 4.092
AN