TP PKK Bantu Gencarkan Pemasaran Beras Organik Sumsel

ketua TP PKK Sumsel H Febrita Lustia dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten OKU Timur

KORANKITO.COM – Ketua TP PKK Sumsel Febrita Lustia  berupaya untuk membantu pemasaran beras organik hasil pertanian dari kabupaten Ogan Komering Ilir Timur (OKI) – OKU Timur (OKUT). Pernyataan ini disampaikan Febrita Lustia saat melakukan kunjungan kerja PKK ke Kabupaten OKU Timur.

“Kita akan bantu untuk pemasaran beras organik dan berupaya untuk mencari agen yang dapat memasarkan beras organik OKU Timur di Palembang”, jelasnya.

Beras organik dari OKU Timur ini terdiri dari tiga varian, yaitu beras putih yang umumnya dikonsumsi orang banyak, beras merah, dan beras hitam.

Selain mengupayakan pemasaran beras organik agar dapat dikonsumsi lebih banyak oleh masyarakat Sumsel, dalam kunjungan kerja dan silaturahmi PKK Sumsel ke kabupaten Oku Timur, Febrita Lustia juga mengapresiasi program penanaman buah yang dilakukan pemkab Oku Timur, seperti penanaman buah jambu kristal, mangga, dan jeruk, sehingga tidak perlu seragam dalam hal penanaman buah dengan kabupaten/kota lainnya.

Febrita Lustia Herman Deru juga mendorong dan menggalakkan penanaman duku Komering. “Penanaman buah yang telah dilakukan ini bagus sekali, namun saya minta untuk menggalakkan penanaman duku Komering, karena duku Komering ini terkenal dengan rasa manisnya”, ujar Febrita Lustia.

Dilanjutkan ibu empat putri ini, pada beberapa waktu sebelumnya, PKK kabupaten OKU Timur bisa memproduksi sirup berbahan dasar duku.

Sementara untuk kain songket dari kabupaten Oku Timur, Febrita Lustia meminta agar sebaiknya dapat menentukan dan mencari motif lainnya selain motif gunung batu, yang dapat menjadi penanda kabupaten OKU Timur.

Febrita Lustia juga menjelaskan kunjungan kerja PKK Sumsel ke PKK Kabupaten Oku Timur ini, guna mensinergikan dan menyamakan program kerja PKK di tahun 2019.

Kedatangan tim PKK Sumsel yang diketuai oleh Febrita Lustia didampingi Wakil Ketua TP PKK Sumsel Fauziah Mawardi Yahya ini diterima langsung oleh Ketua TP PKK OKU Timur Rusmiati Kholid bersama Bupati OKU Timur di pendopoan kabupaten.

Pada kesempatan ini, Ketua TP PKK OKU Timur Rusmiati Kholid, menyampaikan terima kasih atas kunjungan kerja yang dilakukan PKK Sumsel.

Rusmiati Kholid berharap, dengan kunjungan kerja PKK Sumsel ke PKK Kabupaten OKU Timur, semoga bisa menambah semangat dan mengkoordinasikan kegiatan PKK.

Rusmiati Kholid juga menjelaskan berbagai program kerja PKK kabupaten OKU Timur yang telah dilaksanakan selama ini, mulai dari membagikan buku pola asuh anak ke seluruh kecamatan di OKU Timur, membentuk forum anak tingkat kabupaten, mendirikan sentra songket dengan motif unggulan gunung batu, pembinaan administrasi UP2K, dan posyandu remaja di kecamatan Cempaka, serta deklarasi tidak buang air sembarangan.

Bupati OKU Timur Kholid Mawardi yang juga turut hadir mengatakan PKK mendorong banyak organisasi lain melakukan kerja-kerja seperti yang dilakukan PKK.

Kholid Mawardi pun menyampaikan berbagai program kerja yang sudah dilakukan mulai dari  produksi beras organik, pengembangan produk holtikultura melalui program penanaman buah, dan pengembangan peternakan sapi bibit unggul.

Selanjutnya, usai melakukan kunjungan kerja ke PKK kabupaten Oku Timur, Ketua TP PKK Sumsel Febrita Lustia bersama Wakil Ketua TP PKK Sumsel Fauziah Mawardi Yahya dan tim meneruskan kunjungan kerja ke PKK kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU Induk), disambut hangat oleh Ketua TP PKK OKU Badiar Dewi Karyana.


Sementara, Ketua TP PKK OKU Badiar Dewi Karyana menyampaikan terima kasih atas kunjungan kerja PKK Sumsel. Dirinya juga menjelaskan, bimbingan dan arahan tetap diperlukan untuk kemajuan PKK kabupaten OKU. Pada kunjungan kerja dan silaturahim ini diikuti oleh 366 peserta, mulai dari PKK kabupaten, PKK desa, PKK kecamatan, dan PKK kelurahan yang ada di kabupaten OKU.

Setelah kunjungan kerja ke PKK kabupaten OKU Timur dan kabupaten OKU berikutnya kabupaten/kota ke-15 yang dikunjungi Ketua TP PKK Sumsel Febrita Lustia dan Wakil Ketua TP PKK Sumsel Fauziah Mawardi bersama tim adalah kabupaten OKU Selatan.

Sama halnya  seperti pada kunjungan kerja ke PKK kabupaten/kota sebelumnya, Ketua PKK Sumsel Febrita Lustia mengungkapkan kunjungan kerja tersebut dilakukan untuk mensinergikan dan menyamakan program kerja PKK di tahun 2019.

Kepada PKK kabupaten Oku Selatan, Febrita Lustia meminta agar produk unggulan lokal Oku Selatan yaitu buah alpukat tidak hanya sekedar menjadi oleh-oleh belaka.

“Saya minta agar buah alpukat yang menjadi produk unggulan dari kabupaten Oku Selatan, tidak hanya sekedar dijadikan oleh-oleh saja. Sebab buah alpukat tergolong tidak tahan lama untuk dikonsumsi. Sebaiknya alpukat dapat diolah menjadi produk olahan makanan seperti selai alpukat atau manisan alpukat”,jelasnya.

Istri dari gubernur Herman Deru ini bahkan mengusulkan ide untuk menjadikan alpukat sebagai lulur yang umumnya digunakan kaum perempuan.

Sementara, Ketua TP PKK kabupaten Oku Selatan Isyana Lonetasari Popo mengatakan Bupati dan Wakil Bupati Oku Selatan turut mendukung program kerja PKK sebab PKK adalah mitra kerja pemerintah.

Isyana menambahkan meski secara geografis kabupaten OKU Selatan adalah kabupaten terujung, namun OKU Selatan ingin menjadi kabupaten terdepan.

Pada kesempatan ini, Isyana juga menyampaikan dirinya telah menginstruksikan agar setiap di rumah kabupaten Oku Selatan untuk menanam alpukat.

“Saya telah menginstruksikan agar setiap rumah untuk menanam alpukat, terutama di kecamatan Ranau, sebab alpukat di kabupaten OKU Selatan merupakan produk unggulan kami”,katanya.

Dilanjutkan Isyana, PKK kabupaten Oku Selatan juga telah mendirikan rumah cinta dan tengah berupaya membangun Paud unggulan yang akan menjadi Paud percontohan di kabupaten Oku Selatan yang pembangunannya akan selesai pada tahun 2019. (hms/mbam)

AN